Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku, Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 8 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Tema 8 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 2


kunci-jawaban-kelas-4-tema-8-halaman-78

Kunci Jawaban Tematik Halaman 73

Ayo Berkreasi

Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban:
1. Tari Jaipong, asal Jawa Barat.
2. Tari Sekapur Sirih, asal Jambi & Kepulauan Riau.
3. Tari Poco-poco, asal Maluku Utara.
4. Tari Topeng, asal DKI Jakarta.
5. Tari Piring, asal Sumatera Barat.
6. Tari Pendet, asal Bali.
7. Tari Kuda Lumping, asal Jawa Timur.
8. Tari Jepen, asal Kalimantan Timur.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 75

Carilah contoh tari tradisional yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:
1. Tari Seudati berasal dari Aceh.
2. Tari Serampang Dua Belas berasal dari Sumatera Utara.  
3. Tari Piring berasal dari Sumatera Barat.  
4. Tari Merak berasal dari Jawa Barat.  
5. Tari Gambyong berasal dari Jawa Tengah.  
6. Tari Kancet Ledo berasal dari Kalimantan Utara.
7. Tari Baksa Kembang dari Kalimantan Selatan.  
8. Tari Kipas/Tari Pakarena Berasal dari Sulawesi Selatan.  
9. Tari Lenso berasal dari Maluku.  
10. Tari Musyoh berasal dari Papua.

Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:
1. Tari Nguri berasal dari Sumbawa
2. Tari Kuntulan berasal dari Jawa Tengah
3. Tari Manipuren berasal dari Jawa Tengah
4. Tari Merak berasal dari Jawa Barat
5. Tari Banjar Kemuning berasal dari Jawa Timur
6. Tari Manipuri berasal dari Yogyakarta
7. Tari Roro Wilis berasal dari Yogyakarta
8. Tari Kupu-Kupu berasal dari Bali
9. Tari Manuk Rawa berasal dari Bali
10. Tari Yapong berasal dari Jakarta

Kunci Jawaban Tematik Halaman 78

1. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Jawaban:
Tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul "Terjadinya Selat Bali" adalah Manik Angkeran, Sidhimantra, dan Naga Besukih.

2. Pada Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Jelaskan!

Jawaban:
Tokoh protagonis adalah tokoh yang berperan memiliki watak baik hati dalam sebuah cerita. Sedangkan tokoh antagonis adalah tokoh yang berperan memiliki watak atau karakter jahat dalam sebuah cerita.

3. Tuliskan tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
Jawaban:
Tokoh yang memiliki peran antagonis adalah Manik Angkeran.

4. Tuliskan tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
Jawaban:
Tokoh yang memiliki peran protagonis adalah Sidhimantra.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 79, 80

Ayo Menulis

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Tulis kembali cerita rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.

Jawaban:
Cerita Rakyat dari daerah Jambi:

Sejarah Asal-Usul Angso Duo

Konon, pada masa Jambi masih merupakan bagian dari kerajaan Pagaruyung yang  di bawah naungan kerajaan Majapahit, ada seorang putri cantik bernama Putri Selaras Pinang Masak. Ia bertempat tinggal di hulu sungai Batanghari, yang membelah wilayah Jambi.

Karena tidak mau tunduk kepada kekuasaan Majapahit, yang saat itu akan berpisah dari kerajaan Pagaruyung, maka ia pun melarikan diri dan dikejar-kejar oleh tentara Majapahit. Di dalam perjalanannya itu ia mendapat petuah, untuk mencari lokasi baru untuk tempat tinggalnya kelak. Lalu sesuai dengan petunjuk yang diperolehnya, ia melepaskan dua ekor angsa, jantan dan betina di sungai Batanghari. Dan melihat di mana kedua angsa itu berhenti berenang, sebagai titik lokasi untuk mendapatkan kepastian di mana ia harus membangun istana yang baru. Pengganti istana yang ditinggalkannya di Pagaruyung.

Akhirnya ia melihat kedua angsa berhenti, di sebuah daratan. Dan di sanalah ia membangun istananya kembali. Lalu sejak itu, legenda tentang Angsa Dua, atau Angso Duo dalam dialek Jambi, menjadi terkenal dan tercatat dalam sejarah berdirinya kerajaan Melayu Jambi.

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

Jawaban:
Tokoh protagonis dalam cerita tersebut adalah Putri Selaras Pinang Masak, sedangkan tokoh antagonis adalah tentara Majapahit.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 81

Ayo Berlatih

Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.

Jawaban:
Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda

1. Gaya dapat mengubah arah gerak benda. Misalnya mendorong meja ke depan, maka meja akan bergerak ke depan. Bola yang ditendang akan bergerakatau menggelinding ke depan.

2. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak menjadi diam. Bola yang menggelinding akan diam ketika kita memberhentikannya dengan kaki.

3. Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Misalnya mengayuh sepeda.

4. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda (bisa bertambah atau berkurang). Contohnya menendang bola dengan kuat atau menendang bola dengan pelan.

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.
1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.

2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

Jawaban:
a. Mendorong gerobak akan mengubah gerak benda.
b. Mengayuh sepeda akan membuat benda diam menjadi bergerak.
c. Menyetir mobil dapat mengubah kecepatan gerak benda.







Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel