Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Halaman 153, 155, 156, 158, 159, 161

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan, Halaman 153, 155, 156, 158, 159, 161

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Kelas 5 SD Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

gambar-1

Kunci Jawaban Tematik Halaman 153

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.

Jawaban:
Surat undangan yang diterima ayah Beni termasuk jenis surat undangan resmi. Termasuk undangan resmi karena yang mengundang ayah Beni mengatasnamakan organisasi, yaitu Kelurahan Senja Kecamatan Lembayung.

Kunci Jawaban Halaman Tematik Halaman 155

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!

Jawaban:
gambar-2

Kunci Jawaban Tematik Halaman 156

Ayo Mencoba

Undangan yang diterima ayah Beni terbuat dari kertas. Kertas merupakan benda yang mudah terbakar. Tahukah kamu bahwa pada peristiwa pembakaran, terjadi perubahan bentuk benda karena kalor, tetapi tidak mengubah wujud benda? Kertas yang merupakan benda padat dibakar dengan api (panas) dan berubah menjadi abu yang juga masih benda padat, hanya berubah bentuknya.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak kamu sadari adalah penyubliman. Pernahkah kamu mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari ngengat? Kapur barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari? Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus mengalami penyubliman. Menyublim adalah peristiwa berubahnya wujud benda dari padat ke gas. Dapatkah kamu menemukan contoh penyubliman lain di dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN

A. Tujuan Mengamati perubahan wujud benda

B. Alat dan Bahan
1. 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
2. 1 buah lilin
3. 1 buah kaleng bekas susu
4. 5 butir kapur barus ukuran kecil
5. 1/5 bagian kaleng pasir kering
6. Piring aluminium
7. Es batu

C. Cara Kerja
1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.
6. Diamkan selama sepuluh menit.

D. Hasil Pengamatan
Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.
gambar-3

E. Kesimpulan
Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Jawaban:
Kesimpulanku
Percobaan yang telah dilakukan menunjukkan tentang salah satu contoh peristiwa menyublim, yaitu suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Kapur Barus yang dalam percobaan dipanaskan mengalami proses penyubliman (berubah menjadi zat gas) dan pada saat zat gas menyentuh piring yang dingin, maka zat gas tersebut berubah menjadi kristal-kristal yang berada di dasar piring dan dinding kaleng.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 158

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus
  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.
Jawaban:
gambar-4

Kunci Jawaban Tematik Halaman 159

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.

Jawaban:
gambar-5

Jawaban:
Kesimpulan :
Kita dapat mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagai seorang siswa  kita dapat mengisi kemerdekaan dengan belajar dengan tekun.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 161

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan? Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut?

Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik. 

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.
  1. Faktor pendukung pembangunan nasional.
  2. Faktor penghambat pembangunan nasional.
Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.
  1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
  2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
  3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.
Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban:
Faktor Pendukung Pembangun Indonesia
  1. Sumber Daya Alam. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas.
  2. Sumber Daya Manusia. Penduduk yang besar pada satu sisi dapat memdorong pembangunan karena,pertama,perkembangan itu memungkinkan pertambahan tenaga kerja dari masa kemasa.
Faktor Penghambat Pembangunan Indonesia
  1. Sumber daya manusia. SDM yang berkualitas rendah dan juga keahlian dan kewirausahaan yang rendah menghambat pembangunan.
  2. Sumber Daya Modal (investasi). Investasi di Indonesia masih rendah padahal modal sangat dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
  3. Teknologi mang masih rendah. Penggunaan teknologi yang rendah menyebabkan ketidakefesien dan produktifitas yang rendah.
  4. Perkembangan Penduduk. Jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas karena tidak disertai pendidikan terjadilah masyarakat yang tidak produktif dapat menjadi beban bagi pembanguan.
  5. Birokrasi Buruk. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri. 

Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Halaman 153, 155, 156, 158, 159, 161 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam