Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Halaman 42, 47, 48, 50, 51

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku, Halaman 42, 47, 48, 50, 51

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 8 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Tema 8 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 5

Keluarga besar Beni berasal dari Medan, Sumatra Utara. Namun, Ayah dan Ibu Beni merantau dan menetap di Jakarta. Ada juga paman Beni yang merantau ke Jambi. Paman Beni bernama Tagor. Tahukah kamu Pulau Sumatra?

Ayo Mengamati

gambar-1

1. Lingkarilah letak tempat tinggal paman Tagor di Jambi! Lingkarilah tempat tinggal keluarga besar Beni di Medan!

2. Carilah gambar peta Indonesia. Kemudian, lingkarilah letak daerah tempat tinggalmu.
Beni dan keluarga mengunjungi Paman Tagor. Paman Tagor tinggal di Jambi. Rumah Paman Tagor di lingkungan perkotaan. Meskipun di kota, lingkungan rumah Paman Tagor bersih dan asri. Masih banyak pohon di lingkungan tempat tinggal Paman Tagor.

gambar-2

Paman Tagor tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Anak paman Tagor bernama Gultom dan Puspa.

gambar-5

Ayo Berlatih

Amatilah gambar di atas. Identifikasilah keragaman karakteristik individu pada gambar di atas. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang keragaman karakteristik individu. Kamu telah mempelajari karakteristik individu yang berupa keragaman fisik dan keragaman kegemaran di lingkungan keluarga. Sekarang, mari kita pelajari keragaman sifat individu? Apa saja sifat individu yang telah kamu ketahui? Amatilah gambar-gambar berikut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 42

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.

Gambar-3

Ayo Membaca! 

Bacalah cerita berjudul “Kisah Putri Tangguk“, di buku tematik halaman 44 sampai 45.

Dalam cerita terdapat tokoh yang memiliki sifat baik hati. Tokoh seperti itu disebut protagonis. Ada pula tokoh yang memiliki sifat jahat. Tokoh bersifat jahat disebut antagonis. Tahukah kamu siapa tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita di atas? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Tokoh protagonis : tokoh yang memiliki sifat baik hati.
Tokoh antagonis : tokoh yang memiliki sifat jahat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 47, 48

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk
1. Apa jenis cerita fiksi berjudul Kisah Putri Tangguk?
Jawaban:
Cerita berjudul Kisah Putri Tangguk termasuk dalam cerita rakyat, yaitu legenda.

2. Siapa tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk?
Jawaban:
Tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu Putri Tangguk, Suami Putri Tangguk,dan Si sulung anak putri Tangguk.

3. Siapa tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita di depan?
Jawaban:
Berikut tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk:
– Tokoh utama dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu putri Tangguk dan Suami Putri Tangguk.
– Tokoh tambahan dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu Si Sulung.

4. Siapa tokoh protagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.
Jawaban:
Tokoh protagonis dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk adalah Suami Putri Tangguk dan Si Bungsu. Alasanya, tokoh tersebut bersifat baik. Mereka mau mengingatkan Putri Tangguk untuk tidak membuang-buang padi.

5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu
Jawaban:
Tokoh antagonis dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk adalah Putri Tangguk. Alasannya, tokoh tersebut bersifat jahat. Ia membuang-buang padi. Padi harusnya untuk bahan membuat nasi dan di makan bukan dibuang

Kunci Jawaban Tematik Halaman 50, 51

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.
Jawaban:

gambar-4

2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!
Jawaban:
Jawaban disesuaikan oleh siswa

3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Pada notasi angka lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan nada tinggi, sedang, dan rendah.

4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!
Jawaban: 
Lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan tempo agak cepat yang artinya sedang.

5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!
Jawaban: 
Lagu daerah saya Gundul Pacul dan Gek Kepriye (Jawa Tengah).





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Halaman 42, 47, 48, 50, 51 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam