Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 64, 65, 67, 68, 69

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 68, 69 - Kunci jawaban Buku Siswa Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kegiatan Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 2 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Semoga Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 68, 69 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 SD/MI Semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

kelas 4 tema 7 subtema 2 pembelajaran 3

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 7 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 59, 60, 61, 62. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Rumah Adat Suku Manggarai

Suku bangsa Manggarai tinggal di Kabupaten Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Di wilayah Kabupaten Manggarai terdapat sebuah kampung adat bernama Waerebo. Waerebo terletak di sebuah lembah di barat  daya kota Ruteng. Saat ini Waerebo menjadi tujuan wisata.

jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 subtema 3 pembelajaran 3

Di Waerebo terdapat tujuh rumah adat Manggarai, satu di antaranya rumah adat Gendang yang biasa disebut Mbaru Niang. Rumah Gendang berbentuk kerucut dengan ketinggian mencapai 15 meter. Dinding rumah terbuat dari kayu dan bambu. Atapnya terbuat dari ijuk yang disebut wunut. Setiap bagian rumah direkatkan dengan menggunakan rotan dan tanpa paku sama sekali.

jawaban tematik tema 7 kelas 4 halaman 64

Mbaru Niang terdiri atas lima lantai. Setiap lantai rumah Mbaru Niang memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut.

1. Tingkat pertama disebut lutur. Ruangan di tingkat ini digunakan sebagai tempat tinggal dan berkumpul dengan keluarga.

2. Tingkat kedua berupa loteng dan disebut lobo berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang sehari-hari.

3. Tingkat ketiga disebut lentar. Tingkat ini digunakan untuk menyimpan benih-benih tanaman pangan, seperti benih jagung, padi, dan kacangkacangan.

4. Tingkat keempat disebut lempa rae disediakan untuk menyimpan bahan makanan apabila terjadi kekeringan.

5. Tingkat kelima disebut hekang kode untuk tempat sesajian persembahan kepada leluhur.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 64

Berdasarkan teks “Rumah Adat Suku Manggarai” di atas, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Lakukan tugas ini bersama teman sebangkumu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/ Ibu guru.

Rumah adat gendang yang disebut Mbaru Niang yang memiliki bentuk kerucut memiliki ketinggian 15 meter, Mbaru Niang terdiri atas lima lantai, setiap lantai rumah Mbaru Niang memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Bersama teman sekelompokmu, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa nama rumah adat di daerahmu?

Rumah adat Kasepuhan.

2. Bagaimana bentuk rumah adat itu?

Rumah adat Kasepuhan berbentuk panggung.

3. Apa bahan pembuatnya?

Rumah adat Kasepuhan berbahan kayu, bahan kayu yang digunakan adalah kayu jati.

4. Apa keunikannya?

Dindingnya yang unik berbentuk ukiran.

Ceritakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Ayo Membaca

Bacalah dengan cermat teks berikut!

Keragaman Rumah Adat di Indonesia

Keragaman suku bangsa juga berpengaruh terhadap bentuk rumah adat. Rumah adat umumnya dibangun menyesuaikan kondisi bentang alam wilayah setempat. Keragaman bentuk rumah adat mencerminkan kemampuan nenek moyang bangsa Indonesia sebagai arsitek andal. Tidak hanya unik, bentuk rumah adat mengandung makna dan simbol tertentu. Semua itu disesuaikan adat istiadat tiap-tiap daerah. Keragaman rumah adat di Indonesia sebagai berikut.

Begitu beragam rumah adat di Indonesia. Setiap rumah adat mempunyai keunikan yang berbeda dari rumah adat lain. Keragaman rumah adat di Indonesia menjadi kekayaan budaya yang dapat kita banggakan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 67, 68

1. Perhatikan beberapa gambar rumah adat di Indonesia berikut.

2. Tuliskan nama provinsi asal setiap gambar rumah adat.

3. Tuliskan keunikan yang terlihat pada setiap rumah adat.

4. Ceritakan hasil tugasmu kepada Bapak/ibu guru dan teman-temanmu.

rumah adat baileo dan rumah adat tambi

Gambar 1 Rumah Adat Baileo

Nama Provinsi : Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku

Keunikan : Memiliki ukuran rumah yang besar, tidak bersekat dan tidak berdinding.memilikiukiran dan ornamen yang unikmemiliki struktur rumah panggung dan pembuatan rumah murni menggunakan kayu dan tidak menggunakan paku.


Gambar 2 Rumah Adat Tambi

Nama Provinsi : Provinsi sulawesi Tengah

Keunikan : Memiliki ukuran rumah kecil dikarenakan untuktempat tinggal masyarakat umum, berbentuk prisma segitiga, memiliki atap dari daun ijuk yang sangat panjang, dan anak tanggabagi penghuni rakyat biasa berjumlah ganjil sedangkan untuk tetua adat berjumlah genap.


rumah adat honai rumah adat tongkonan rumah adat lamin

Gambar 3 Rumah Adat Honai

Nama Provinsi : Provinsi Papua

Keunikan : Bentuk rumah bulat memiliki atap berbentuk kerucut yang terbuat dari ilalang atau jerami. 


Gambar 4 Rumah Adat Tongkonan

Nama Provinsi : Provinsi Sulawesi Selatan

Keunikan : Bagian atap miripperahu, bagian badan rumah dihiasi ukiran khas toraja, bagian depan dihiasi dengan tanduk kerbau, pintu dan jendela kecil tujuannya adalah untuk menghalau udara dingin agar rumah lebih hangat, dan letak posisi yang harus menghadap tara membelakangi selatan.


Gambar 5 Rumah Adat Lamin

Nama Provinsi: Kalimantan Timur

Keunikan : Rumah Lamin terletak pada ukurannya yang besar. Rumah ini berbeda dengan jenis rumah adat lainnya yang hanya bisa menampung satu keluarga. Lamin bisa dihuni 12 sampai 30 keluarga. Lamin memiliki panjang sekitar 300 meter, sambung-menyambung dengan lebar kurang lebih 15 meter dan tinggi 3 meter. Dengan ukuran tersebut. Lamin bisa dihuni hingga 100 orang.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 69

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Keragaman dan bentuk rumah adat di Indonesia.

Apa nama rumah adat di daerahmu?

Rumah adat Limas.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Nama rumah adat yang saya ketahui : 

Rumah Gadang

Keunikannya :

Atapnya berbentuk runcing  yang menyerupai tanduk kerbau.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64, 65, 67, 68, 69 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari Gawekami.com