Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 59, 60, 61, 62

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 59, 60, 61, 62 - Kunci jawaban Buku Siswa Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kegiatan Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 2 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 59, 60, 61, 62 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 SD/MI Semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Tema 7 Kelas 4 Halaman 59, 60, 61, 62

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi kunci jawaban tema 7 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Pola Lantai Gerak Tari

Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner ini juga dapat kita gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambargambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2

Perhatikan contoh beberapa gambar tarian berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 4 Halaman 60

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 59

Tugas

1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.

Pergerakan yang dilakukan dengan cara berpindah atau bergeser secara testruktur sehinga membentuk pola dena tertentu.

2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.

Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2

Pada teks “Pola Lantai Gerak Tari’ terdapat foto Tari Legong. Penari Tari Legong membawa kipas. Kipas digunakan sebagai penunjang gerak tari dan unsur keindahan penampilan tari. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan kipas saat udara panas. 

Namun, saat ini manusia telah banyak menggunakan kipas angin atau alat pendingin ruangan. Kipas angin dan alat pendingin ruangan merupakan contoh alat elektronik, yaitu alat yang bekerja menggunakan listrik.

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 1, kamu mendapat tugas ini.

Tugas

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.

Sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir.

Listrik statis dihasilkan dari gesekan benda. Sedangkan listrik dinamis dihasilkan dari sumber listrik atau pembangkit listrik. Listrik statis tidak bisa dialirkan dalam suatu rangkaian. Sedangkan listrik dinamis bisa mengalir dalam suatu rangkaian listrik.

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.

Menggosokkan antara sisir plastik dan rambut manusia, hal ini akan menghasilkan sisir bermuatan negatif dan rambut manusia bermuatan positif proses terjadinya adalah elektro dari rambut manusia akan berpindah ke sisir plastik.

Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/lbu guru dan teman-temanmu.

Sekarang bacakan hasil tugasmu.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 60

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar beberapa alat elektronik berikut.

Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 4 Halaman 60

1. Apa yang menyebabkan lampu senter dapat menyala?

Karena adanya aliran arus listrik, yang kemudian diubah menjadi energi cahaya melalui pijaran pada filamen di lampu. Arus listrik adalah aliran elektron dari benda berpotensial tinggi, ke benda berpotensial rendah. Aliran listrik memerlukan penghantar dalam rangkaian tertutup untuk mengalir.

2. Apa yang menyebabkan kipas angin dapat berputar?

Pada kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. 

Kipas listrik bekerja dengan dinamo penggerak yang memanfaatkan energi Listrik. Saat arus listrik melewati kumparan kabel pada dinamo penggerak, akan terjadi perubahan medan magnet yang menghasilkan gerakan rotasi (berputar) di bagian penggerak yang terbuat dari logam.

Gerakan rotasi akan memutar bilah-bilah kipas yang terpasang pada kipas. Gerakan bilah-bilah kipas kemudian akan menyebabkan pergerakan udara yang membuat ruangan menjadi terassa sejuk.

3. Apa yang menyebabkan setrika menjadi panas?

Yang menyebabkan setrika Menjadi panas adalah energi listrik dan alas setrika yang sebagai konduktor. Ketika listrik menyalurkan energi nya dan pada saat itulah alas setrika ikut memanas. Peristiwa ini disebut dengan konduksi.

4. Apa yang menyebabkan air dapat membeku di dalam lemari pendingin?

Menyebabkan air dapat membeku di lemari pendingin karena adanya penurunan suhu oleh lemari pendingin yang menjadikan air di dalam lemari pendingin mengalami pendinginan sampai dibawah suhu o derajat hingga akhirnya menjadi beku atau es.

Diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Peralatan elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. 

Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. Saat arus listrik mengalir melewati bohlam, bohlam akan menyala. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya. 

Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Saat arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin. 

Saat arus listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas. Energi listrik berubah menjadi energi panas. 

Pada lemari pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan membuat bahan pendingin bekerja.

Saat ini alat elektronik menjadi kebutuhan manusia untuk memempermudah kehidupan. Di rumah dan di sekolahmu, tentu kamu menggunakan berbagai alat elektronik. Lakukan tugas berikut secara berkelompok.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 61

Tugas

Tuliskan peralatan elektronik yang kamu ketahui beserta fungsinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Berikut ini adalah 10 alat elektronik beserta fungsinya masing-masing

1. Televisi, sebagai media penyebaran dan pertukaran informasi, media hiburan dan lain sebagainya.

2. Radio, sebagai media penyebaran dan pertukaran informasi, media hiburan berupa audio.

3. Ponsel., manfaatrnya yang utama sebagai alat komunikasi.

4. Kulkas, sebagai alat pendingin makanan dan minuman.

5 AC, sebagai alat pendingin suhu dalam suatu ruangan.

6. Mesin Cuci, sebagai alat yang mencuci atau membersihkan pakaian dan semacamnya.

7. Air Fryer, manfaatnya menggoreng tanpa menggunakan minyak.

8. Kipas Angin, manfaatnya untuk menggerakkan udara sehingga suhu panas bisa diatasi.

9. Lampu, manfaatnya sebagai alat penerang.

10. Setrika, manfaatnya sebagai alat yang merapikan kain yang kusut.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 62

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Yang saya pelajari pada hari ini adalah materi tentang pola lantai, gerak tari, listrik statis dan dinamis, mengenal alat elektronik dan fungsinya.

Apa yang kamu ketahui tentang pola lantai gerak tari?

Pola lantai adalah garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 59, 60, 61, 62 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari Gawekami.com