Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 42, 44, 47

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47 - Kunci jawaban Buku Siswa Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa  dan Agama di Negeriku kegiatan Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 2 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 SD/MI Semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 subtema 1 pembelajarn 6

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 7 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 38, 39, 40. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Membaca

jawaban tema 7 kelas 4 halaman 42

Pada tanggal 16 Agustus 2016 di Kabupaten Sintang, Kalimantan dilakukan karnaval untuk memperingati kemerdekaan RI. Karnaval diadakan di depan Pendopo Bupati Sintang. Karnaval itu diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang.

Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval.

Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini. Di Sintang tinggal  masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya. Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengharapkan agar perbedaan yang ada menjadi suatu kekuatan bagi bangsa. Sikap saling menerima, saling menghormati, dan saling bekerja sama harus terus dikembangkan dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan oleh para pahlawan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 42

Bacalah teks “Karnaval Mini di Sintang”.

1. Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

  1. Karnafal = Pawai dalam rangka pesta perayaan yang bermacam macam corak dan menarik
  2. Edukasi = Perihal pendidikan
  3. Kabupaten = Daerah yang dikepalai oleh bupati yang setingkat dengan kota
  4. Kostum = Pakaian khusus atau pakaian seragam bagi perseorangan atau rombongan
  5. Atribut = Tanda kelengkapan atau suatu benda yang menjadi ciri khas
  6. Pendopo = Bangunan yang luas(terbuka tanpa sekat) untuk pertemuan rapat dan lain lain
  7. Bupati = Jabatan atau sebutan kepala daerah kabupaten
  8. Budayawan = Orang yang berkecimpung dalam kebudayaan(ahli budaya)

2. Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Karnaval Mini di  Sintang”.

Gagasan pokok paragraf 1: Karnaval Mini di Sintang diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang

Gagasan pokok paragraf 2: Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat

Gagasan pokok paragraf 3: Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini

3. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut.

Di Sintang tinggal masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya.

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 4, kamu mendapat tugas untuk mencari satu cerita rakyat, lalu menuliskannya ke dalam bahasa daerahmu. Kini, secara bergantian, bacakan tulisanmu itu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi sehari-hari merupakan salah satu upaya melestarikan bahasa daerah. Dengan upaya itu diharapkan bahasa daerah tidak akan punah.

Salah satu cara dapat dilakukan untuk mengenal bahasa daerah lain adalah melalui lagu. Akibat keragaman bahasa dan suku bangsa, Indonesia memiliki banyak lagu daerah. Berikut beberapa contoh lagu daerah di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 44

Di antara lagu-lagu daerah pada tabel di atas, lagu mana yang sudah kamu kenal?

- Jali-jali

- Manuk dadali

- Sue ora jemu

- Cublek-cublek sueng

Apakah kamu senang menyanyikan lagu itu?

Ya, saya sangat senang menyanyikan lagu tersebut.

Apa judul lagu yang ingin kamu pelajari untuk dinyanyikan?  Mengapa?

Cuk mak ilang adalah lagu yang ingin saya pelajari, karena lagunya enak di dengar selain itu saya ingin mengetahui makna dari lagu tersebut.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman  47

Apa yang telah kamu pelajari selama satu minggu ini?

1. Mengenal suku bamgsa yang ada di Indonesia

2. Macam-macam gaya dan pemanfaatan gaya

3. Mengenal seni gerabah di Indonesia

4. Bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah

5. Ragam bahasa daerah di Indonesia

6. Keragaman Agama Indonesia

7. Lagu daerah di Indoesia

Bagaimana sikapmu atas keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia?

Sikap kita terhadap keberagaman agama adalah saling menghormati antar umat beragama dengan saling menghormati maka kerukunan akan selalu terjaga.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari Gawekami.com