Widget HTML Atas

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 111, 112, 113, 115

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 111, 112, 113, 115 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 3 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 3 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada di sekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

kunci-jawaban-tema-5-kelas-4-subtema-3-pembelajaran-3

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 101, 102, 204, 105, 106, 107, 108. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 3

Ayo Berlatih 

Sebelum belajar tentang sikap kepemimpinan, kamu akan belajar bersama guru olahragamu.

Kamu sudah belajar tentang memar, luka, dan lepuh. Kamu juga sudah paham cara mengobati memar, luka, dan lepuh. Sekarang, kamu bersama temantemanmu akan mempraktikkan lagi cara menangani ketiga jenis cedera tersebut. Setelah selesai berpraktik,kamu dan gurumu dapat melakukan refleksi bersama

Langkah mana yang sudah dapat kamu lakukan dengan baik?

Langkah mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik?

Tuliskan rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam mengobati memar, cedera luka dan lepuh.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5  Kelas 4 Halaman 111

Masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Bagaimana pengaruh sikap kepahlawanan mereka terhadap masyarakat di sekitarmu?

Ayo, kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka!

kunci-jawaban-tema-5-kelas-4-halaman-111

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5  Kelas 4 Halaman 112, 113

Untuk menambah pengetahuanmu tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api, bacalah teks berikut dalam hati!

kunci-jawaban-tema-5-kelas-4-halaman-112

Diskusikanlah tabelmu dengan teman kelompokmu.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api, bacalah teks berikut dalam hati!

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Gimin tinggal di Desa Lemah Abang, Karawang. Pekerjaannya sangat mulia. Banyak orang yang telah ia selamatkan. Namun demikian, banyak orang yang tidak peduli terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Tidak ada ucapan terima kasih yang diberikan kepadanya. Pendapatannya sangat kecil dan tentunya kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jam istirahatnya tidak menentu. Bahkan suatu saat, ia tidak bisa menikmati makan siangnya karena tiba-tiba ada pekerjaan yang harus ia lakukan. Hari raya pun terkadang ia harus masuk bekerja. Namun, Gimin tetap berusaha untuk bekerja sepenuh hati. Gimin sangat mencintai pekerjaannya. Ia sudah melakukan pekerjaannya hampir 30 tahun lamanya. Apa sebenarnya pekerjaan Gimin?Mengapa ia sangat senang dengan pekerjaannya?

Gimin adalah seorang penjaga pintu perlintasan kereta api. Ia sangat bangga dengan pekerjaan yang ia lakukan karena ia bias menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya.Panas terik atau guyuran air hujan tidak pernah ia pedulikan. Begitu juga dengan suara bising kendaraan. Ia tidak pernah terganggu dengan semua itu. Bahkan, umpatan dari mereka yang marah karena Gimin menutup pintu rel pun ia abaikan. Di dalam pikirannya yang ada hanyalah usaha untuk menyelamatkan orang-orang.

Menjadi penjaga pintu perlintasan kereta api yang bertanggung jawab adalah salah satu cerminan sikap kepahlawanan.

Jawablah rasa ingin tahumu pada kolom sebelah kanan tabel.Kamu dapat mengisinya berdasarkan teks yang sudah kamu baca atau berdasarkan hasil diskusimu dengan teman kelompokmu serta jawaban dari gurumu.

Tulislah semua informasi yang ada pada tempat yang sudah disediakan.

1.Gimin adalah seorang penjaga pintu rel kereta api. Sebagai penjaga rel kereta api ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya

2.Jika tidak ada Pak Gimin dan teman-teman tentunya keadaan lalu lintas akan menjadi kacau dan mungkin sering terjadi kecelakaan.

3.Sikap kepahlawanan yang ditunjkkan oleh Pak Gimin adalah bekerja keras dan pantang menyerah, dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keahliannya.

4.Beliau bekerja demi keselamatan orang lain yaitu para pengguna jalan yang melintasi rel kereta api. Beliau tetap sabar walaupun umpatan, hujan dan terik matahari tak pernah ia pedulikan, keselamatan pengguna jalan adalah yang terpenting.


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5  Kelas 4 Halaman 115

Setelah melakukan percobaan membuat perioskop, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut!

1. Apa yang kamu temukan dalam percobaan ini?

Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas objek yang ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat.

2. Bagaimana bayangan yang dihasilkan periskop?

Sifat-sifat bayangan yang di bentuk oleh cermin datar adalah :

-Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.

-Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.

-Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.

-Bayangan tegak seperti bendanya.

-Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.

3. Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?

Prinsip kerja periskop adalah membentuk bayangan dengan melakukan pemantulan pada kedua cermin datar yang dipasang sejajar dan diposisikan miring agar mengarah ke mata pengamat lalu pemantulan tersebut diteruskan ke pengamat.

4. Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

Periskop dapat ditemui pada kapal selam dan tank tentara

Buatlah laporan percobaanmu.

Percobaan :

Laporan Kegiatan Percobaan.

Nama percobaan :

Membuktikan bahwa sifat cahaya dapat dipantulkan.

Alat – alat :

- Kardus bekas

- Cermin datar 2 buah

- Lem/selotip

- Busur derajat

- Gunting

- Kertas biasa atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.

Langkah Kerja :

Bagi kardus bekas menjadi lima bagian.

Empat bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. Satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm.

Buat 2 lubang persegi panjang pada bagian B dan D.

Buat kotak berukuran 6 cm x 6 cm pada setiap ujung bagian A dan C. Gunakanlah pensil untuk menggambarnya. Setelah itu, buat garis diagonal pada dua kotak tersebut, potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.

Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip.Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap ke bawah.

Gunakan periskopmu untuk melihat benda-benda di sekitarmu!

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil pengamatan pada periskop sederhana yang telah dibuat cahaya yang memantul dari objek cermin pada bagian atas periskop. Karena sudut cermin ini, maka cahaya dipantulkan kembali pada cermin bagian bawah periskop. Maka di cermin bagian bawah akan terlihat bayangan objek yang ada di balik penghalang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 111, 112, 113, 115 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari Gawekami.com