Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Halaman 63, 65, 70, 71, 72

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku, Halaman 63, 65, 70, 71, 72

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 6 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Tema 6 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1
Amatilah gambar di atas! Ceritakan pendapatmu tentang gambar tersebut! Apakah kamu mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan orang pada gambar tersebut?

Ayo Membaca

Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus

Seorang wanita muda terpanggil untuk menjadi seorang guru.  Bukan sembarang guru, melainkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Semuanya berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang sesuai.

Sangita Lachman, nama wanita muda itu.  Ia adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah.  Pada awalnya, ia mengajar anak-anak prasekolah untuk mengisi waktu luangnya.  Akan tetapi, lama kelamaan, ia mencintai kegiatannya itu.  Baginya, mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka kelak.

Pada saat mengajar anak-anak prasekolah, ia menemui beberapa siswanya yang berkebutuhan khusus, seperti anak yang menderita autis atau kesulitan belajar lainnya.  Anak-anak ini memerlukan cara pengajaran dan bimbingan khusus yang berbeda dengan anakyang tidak berkebutuhan khusus.  Ia melihat saat itu tidak banyak sekolah yang tahu bagaimana mengajar anak-anak tersebut.

Sangita kemudian memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk memahami anak-anak tersebut. Dengan demikian ia dapat menjadi guru yang baik bagi anak-anak tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 63

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah Sangita Lachman?
Seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak pra sekolah.

2. Mengapa ia ingin menjadi guru?
Membuatnya mengetahi tumbuh kembang anak.

3. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?
Mengerti akan kebutuhan siswanya dan mengetahui bagaimana cara mendidik mereka.

4. Menurutmu, sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?
Pintar, suka menyayangi , sabar dan selalu menjadi contoh bagi siswanya

Setiap orang memiliki cita-cita yang baik. Tidak ada cita-cita yang tidak hebat. Oleh karenanya, teruslah berusaha meraih cita-citamu! Adakah di antaramu yang ingin menjadi dokter?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 65

Bacalah puisi berikut ini di dalam hati. Perhatikanlah bagian-bagian di dalam puisi dengan seksama!
kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1
Berdasarkan puisi tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi tersebut?
Judul Puisi diatas adalah Cita-Citaku

2. Siapakah yang membuat puisi tersebut?
Yang Membuat puisi yang berjudul cita citaku adalah Karya: M. Ridwan Hafidz

3. Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
Puisi diatas menceritakan Tentang cita cita seorang anak yang ingin menjadi seorang dokter dan dapat membantu orang lain

4. Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?
Perbedan puisi dengan bacaan adalah Puisi memiliki lagu atau nada sedangkan bacaan tidak memiliki nada

5. Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi tersebut!
kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Ayo Mencoba

Carilah satu atau dua buah puisi anak dari koran, majalah, atau bukubuku. Salinlah puisi tersebut di dalam buku tulismu. Baca dan amati bentuk dan isi puisi pilihanmu. Lalu jawablah pertanyaan di atas di dalam buku tulismu! Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan tentang puisi? Tuliskanlah kesimpulanmu di dalam buku tulismu!

Ayo Mengamati

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1
Perhatikan gambar di atas! Profesi apakah yang ditunjukkan pada gambar di atas? Adakah di antara kamu yang ingin menjadi dokter hewan seperti pada gambar di atas?

Untuk menjadi seorang dokter hewan, tentu kamu harus mengetahui segala hal tentang hewan, termasuk daur hidupnya. Mengapa?

Daur Hidup Katak

Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan. Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor. Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa.

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Daur Hidup Kecoa

Kecoa merupakan salah satu serangga yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah beberapa lama, telur kecoa akan berubah menjadi kecoa muda yang disebut nimfa. Bentuk nimfa mirip dengan kecoa dewasa, hanya warna kulitnya yang berbeda. Nimfa beberapa kali mengalami pergantian kulit sampai ia menjadi kecoa dewasa.

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Daur Hidup Capung

Capung juga merupakan serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Sama dengan kecoa, ketika telur capung menetas ia menjadi capung muda yang disebut nimfa. Setelah kurang lebih mengalami pergantian kulit sebanyak sepuluh kali, capung berubah menjadi capung dewasa.

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk juga termasuk jenis serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur di permukaan air. Ketika telur menetas, ia berubah menjadi jentik-jentik atau tempayak. Tempayak ini akan hidup dan mendapatkan makanannya dari air yang ia tinggali. Setelah cukup umur, tempayak ini berubah menjadi pupa. Setelah beberapa berubah menjadi nyamuk muda dan dewasa tidak hidup di air.Ia bertelur. waktu, pupa akan hingga nyamuk dewasa.Nyamuk muda akan kembali ke air ketika hendak bertelur

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Halaman 70, 71, 72

Ayo Berlatih

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas paling sedikit tiga orang.
2. Setiap kelompok akan mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (berdasarkan pilihan yang terdapat pada tabel di bawah).

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

3. Catatlah semua informasimu di dalam diagram berikut ini. Lakukan untuk kedua hewan yang telah kamu pilih.

4. Presentasikan hasilnya di depan kelas, lalu tempelkan hasilnya di dinding kelas.Dengan demikian, kamu akan memiliki informasi tentang daur hidup berbagai jenis hewan!

Daur hidup hewan I

Gambar hewan:

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Nama hewan: Kecoa

Cara berkembang biak:
Umumnya Kecoa berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar dan sebagian kecil lainnya berkembang biak dengan cara Ovovivipar.

Gambar daur hidup:

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Penjelasan tentang daur hidup:
Daur hidup hewan kecoa ialah telur - nimfa - kecoa besar

Telur
kecoa memiliki siklus hidup tidak sempurna karena melalui tiga tahapan fase. Pada tahap pertama yaitu telur. Telur kecoa berbentuk seperti kapsul berwarna coklat dengan ukuran kecil. Cangkang yang terdpatapada telur kecoa memiliki tekstur keras dan tidak mudah pecah.

Nimfa
nimfa bisa juga disebut dengan bayi kecoa. Nimfa dapat bergerak bebas. Warna nimfa ialah putih seperti kutu beras, namun akan mengalami perubahan warna menjadi coklat. Pada umunya, nimfa belum memiliki sayap.

Kecoa Dewasa
seletah dewasa, kecoa akan memiliki sayap yang bisa digunakan untuk terbang. Perbedaan kecoa muda dan dewasa hanya pada ukurannya saja. Kecoa dewasa sudah mampu untuk mencari makanan sendiri.

Jenis daur hidup:
Jenis daur hidup di atas adalah metamorfosis tidak sempurna
Disebut metamorfosis tidak sempurna karena tidak mengalami fase pupa atau kepompong dan memiliki bentuk fisik saat muda yang mirip dengan saat bentuk fisik dewasa

Daur hidup hewan II

Gambar hewan:

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Nama hewan: Capung

Cara berkembang biak:
cara berkembang Biak capung adalah mulai dari telur yang menetas dalam air dan kemudian menjadi larva, untuk selanjutnya akan menjadi capung dewasa yang siap melakukan perkawinan dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Gambar daur hidup:

kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1

Penjelasan tentang daur hidup:
siklus nya: telur-nimfa-capung dewasa

Telur
Siklus hidup capung dimulai dari sebuah telur. Telur yang sudah diletakkan di dalam air membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 minggu untuk menetas.

Larva
Ketika keluar dari telur, larva capung berukuran kecil dan berwarna transparan.
Tapi, lama kelamaan warnanya akan berubah. Beberapa jam setelah menetas, larva tersebut akan mengalami pergantian kulit.

Larva capung biasanya mengalami 5 – 14 kali ganti kulit sebelum akhirnya menjadi dewasa.
larva capung biasanya hidup di dalam air hingga dua tahun. Bahkan, ada larva capung yang hidup hingga enam tahun di dalam air. Perbedaan itu ditentukan oleh suhu. Semakin hangat suhunya, maka larva tersebut akan semakin cepat dewasa.

Tapi, jika suhunya dingin, maka larva tersebut akan semakin lama menuju dewasa.
Perubahan Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna akan berubah menjadi pupa, tapi capung tidak mengalaminya.

Jadi, larva capung akan berubah fisik, tanpa harus menjadi kepompong.
Larva capung yang sudah berada di tahap akhir akan berada di air dangkal selama beberapa hari.
Setelah itu, larva akan meninggalkan air dan naik ke tempat yang aman (biasanya di batang tanaman). Nah, di tempat itulah, larva akan berubah menjadi capung.

Ketika mendapat tubuh baru, capung harus membiarkan tubuhnya mengeras agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, capung juga harus “memompa” sayapnya agar bisa terbang. Nah, proses itu membutuhkan waktu berjam-jam.

Dewasa
Ketika sayap dan tubuhnya sudah mengeras, capung akan mulai terbang.
Saat pertama kali menggunakan sayapnya, capung hanya bisa terbang beberapa meter saja.
Tapi, lama kelamaan mereka bisa terbang cepat dan jauh. O iya, dalam tahap ini, capung sangat rapuh dan rentan dimangsa oleh burung, laba-laba, dan semut.

Capung dewasa memiliki jangka hidup yang pendek. Rata-rata, seekor capung hanya hidup selama 1 sampai 2 minggu.Tetapi, beberapa spesies capung bisa hidup hingga 6 sampai delapan minggu. Dari semua siklus hidup capung, tahap larva lah yang paling lama.

Jenis daur hidup:
capung mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Lengkapilah tabel berikut untuk mendapat kesamaan dan perbedaan antara kedua daur hidup hewan pilihanmu!
kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1
Perbedaan daur hidup kecoa dan capung yaitu pada kecoa setelah tahap telur berkembang menjadi nimfa. Pada daur hidup capung, telur akan berkembang menjadi larva kemudian nimfa.

persamaan keduanya adalah sama-sama metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna dicirkan dengan adanya tahapan nimfa dan tidak mengalami tahap pupa.

Amatilah hasil pekerjaan kelompok lain di kelasmu. Kemudian lengkapilah tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatanmu!
kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1
Hewan yang mengalami daur hidup dengan metamorfosis sempurna, tidak sempurna dan tanpa metamorfosis
1. Metamorfosis sempurna = adalah perkembangan hewan yang mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahapannya. sehingga bentuk hewan yang baru lahir sangat berbeda dengan bentuk hewan yg dewasa. contohnya = telur, ulat,pupa,kupu kupu muda,kupu kupu dewasa.

2. Metamorfosis tidak sempurna adalah proses metamorfosis yang tidak melalui fase pupa atau kepompong sehingga bentuk tubuh hewan tidak berubah secara signifikan.

Hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna bentuk tubuh pada fase larva atau fase nimfa nyaris sama dengan fase imago.

Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna antara lain adalah belalang, jangkrik, kecoa, dan tengeret.

1. Metamorfosis Belalang
Metamorfosis belalang hanya melalui 3 fase, yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase imago.

2. Metamorfosis Jangkrik
Metamorfosis jangkrik hanya melalui 3 tahapan, yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase jangkrik dewasa.

3. Metamorfosis Kecoa
Metamorfosis kecoa hanya melalui 3 tahapan, yaitu fase telur, fase nimfa dan fase kecoa dewasa.

4. Metamorfosis Capung
Metamorfosis capung juga melalui 3 tahapan metamorfosis, yaitu fase telur, fase nimfa dan fase capung dewasa.

5. Metamorfosis Tonggeret
Tonggeret juga termasuk hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Tonggoret hanya melewati fase telur, nimfa, dan imago tanpa melalui fase pupa.


3. Contoh hewan yang menggunakan daur hidup tanpa metamorfosis adalah ayam, sapi dan kadal. Daur hidup ayam dengan cara bertelur (ovipar). Daur hidup Sapi dengan cara melahirkan (vivipar). Daur hidup kadal dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar).

Cara perkembangbiakan hewan tersebut dapat berupa:
Vivipar yaitu perkembangbiakan dengan cara melahirkan. Contohnya adalah sapi, kera, kerbau.
Ovipar yaitu perkembangbiakan dengan cara bertelur. Cotohnya ayam, pinguin, burung.
Ovovivipar perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan. Contohnya adalah kadal dan ular.




Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Halaman 63, 65, 70, 71, 72 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


Tidak ada komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Halaman 63, 65, 70, 71, 72"