Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 71, 72, 73, 74

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 72, 73, 74 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku kegiatan pembelajaran 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Kunci jawaban tema 5 kelas 4 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 71, 72, 73, 74

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kamu sudah belajar tentang memar. Sekarang kamu akan belajar tentang cedera luka dan lepuh. Kamu akan dapat menolong teman atau mereka yang membutuhkan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 71

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut. Jika terjadi cedera luka dan melepuh, apa yang harus dilakukan? Diskusikan!
jawaban soal buku siswa tema 5 kelas 4 halaman 71

Luka karena terjatuh saat bermain :
  • Bersihkan luka dari kotoran yang mungkin menempel di bawah air mengalir atau menggunakan larutan garam (cairan saline) steril hingga bersih. 
  • Gunakan sabun lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka. Sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan pembersih mengandung alkohol, iodine, ataupun hidrogen peroksida langsung di luka terbuka karena dapat menyebabkan iritasi dan perih. 
  • Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembap, sehingga mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi. 
  • utup luka dengan kasa steril yang lembut dan ganti setiap hari.
  • jika terdapat memar atau bengkak, kompres dengan es. 

Melepuh karena terkena air panas :
  • Siram kulit dengan air yang mengalir atau air keran, setidaknya selama 20 menit. Jangan menggunakan es batu, air es, atau bahan-bahan berminyak, seperti mentega.
  • Jika area yang tersiram air panas mencakup sebagian besar tubuh, jangan berendam dalam air dingin. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya panas tubuh dan justru akan memperburuk kondisi luka bakar.
  • Tutup luka dengan perban atau kain bersih yang lembap.
  • Jika memungkinkan, posisikan bagian yang tersiram air panas lebih tinggi
  • Jika kulit melepuh, jangan dipecahkan.
  • Jika luka terasa sakit, konsumsilah obat pereda nyeri, seperti paracetamol.
Ayo Mencoba

Selain membantu orang lain, kerja sama adalah hal baik yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kini saatnya kamu dan temanmu bekerja sama untuk membuat lup (kaca pembesar). Kaca pembesar ini dapat digunakan untuk membantu melihat objek yang sangat kecil, misalnya untuk membantu pekerjaan tukang jam.

Cara Membuat Lup (Kaca Pembesar) Sederhana Alat dan bahan:

1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata

2. Air

3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil

Langkah kerja:

1. Isi kantong plastik dengan air.

2. Ikat kantong plastik.

3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.

4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.

5. Ulangi dengan kantong plastik berukuran seperlima kali lebih besar atau lebih kecil.

6. Bandingkan hasilnya.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 72

Apa perbedaan antara tulisan asli dan tulisan  yang terlihat dari plastik?

Apa perbedaan antara tulisan asli dan tulisan  yang terlihat dari plastik?
Tulisan yang dilihat melalui plastik yang berisi air tampak lebih besar daripada tulisan aslinya.

Mengapa per-bedaan itu bias terjadi?
Ketika plastik yang di isi air digunakan untuk melihat huruf atau benda kecil lainnya maka huruf atau benda kecil tersebut tampak menjadi lebih besar.

Apa kesimpulan yang dapat kamu temukan  dari percobaan ini?
Pada percobaan membuat lup (kaca pembesar) sederhana, tulisan yang kecil terlihat lebih besar. Hal ini terjadi karena terjadi pembiasan cahaya yang disebabkan oleh adanya media air.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 73

Buatlah laporan percobaanmu pada tabel yang telah disediakan.
jawaban soal buku siswa tema 5 kelas 4 subtema 2 pembelajaran 3halaman 73

Ayo menulis

Kamu sudah belajar tentang Sultan Hasannudin dan nilai-nilai kepahlawanannya.  Kamu  sekarang akan belajar nilai-nilai kepahlawanan Sultan Mataram yaitu Sultan Agung.

Sultan Agung memiliki peninggalan dalam bidang budaya yaitu seni dan kalender Jawa.  Peninggalan beliau itu mewarnai budaya masyarakat Jawa.

Bacalah teks berikut dalam hati.

Sultan Agung, Sultan Besar

Sultan Agung adalah salah satu raja terkenal yang hidup pada masa Islam.  Beliau adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah antara tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu
tema 5 kelas 4 subtema 2 pembelajaran 3
Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung memberi perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga  dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.

Perhatikan tabel berikut. Isilah  lebih dulu kolom sebelah kiri.  Kamu bias mengisinya berdasarkan teks yang kamu baca atau dari pengetahuanmu sebelumnya.

Selanjutnya isilah kolom di sebelah kanan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 74

Apa yang kamu ketahui tentang Sultan Agung?


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 72, 73, 74 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari Gawekami.com


Tidak ada komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 71, 72, 73, 74"