Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Halaman 111, 113, 114

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan, Halaman 111, 113, 114

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 3 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 3 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 3 Pembelajaran 3

kelas tema 3 subtema 3 pembelajaran 3
Hari ini kamu akan bermain kasti. Kamu pasti sudah tahu tentang permainan ini bukan?
Bacalah teks berikut.

Ayo Membaca

kelas tema 3 subtema 3 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tematik Halaman 111

Permainan Kasti

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya regu penjaga berusaha menangkap bola serta mengalahkan regu pemukul. Regu yang terbanyak mengumpulkan nilai menjadi pemenang.
Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak begitu luas. Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola kecil dan pemukul kayu.

Perhatikan cara bermain kasti yang disampaikan oleh gurumu. Diskusikanlah kembali dengan temanmu bagaimana memainkannya.
1. Bagaimana perasaanmu setelah bermain kasti?
Saya merasa senang karena dapat olahraga dapat menyehatkan tubuh.

2. Keterampilan apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti?
Gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar.

3. Sikap apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti?
Disiplin, kerjasama dan sportivitas

Ayo Menulis

Ambillah laporan hasil wawancaramu. Lanjutkan pekerjaanmu untuk membuat laporan. Setelah selesai, perlihatkan kepada teman sebelahmu. Mintalah masukan darinya. Bacalah kembali laporanmu setelah diperbaiki. Sampaikan kepada gurumu.

Sudah beberapa bulan ini, Ibu Siti mengeluhkan lahan kosong di belakang rumahnya yang tidak terawat. Ia bingung karena tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dengan lahan miliknya. Ayah Siti pun mengusulkan untuk menanam tanaman di lahan kosong tersebut. Ibu Siti langsung tersenyum mendengar ide itu.

Menurutmu, tanaman apa ya, yang dapat ditanam di lahan kosong di rumah kita? Ayo, kita cari tahu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 113

Ayo Membaca

Lahan kosong yang tidak terawat membuat lingkungan kita menjadi kurang sedap dipandang, apalagi jika lahan itu kotor.

Pemanfaatan lahan kosong di pekarangan sekolah atau rumah merupakan cara penghijauan sebagai wujud perilaku peduli lingkungan.

Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan/tanah itu.

Salah satu cara menghijaukan lahan adalah dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit dan jahe.

Ibu Siti pun mengetahui bahwa lahan kosong di rumahnya dapat ditanami tanaman obat.

Siti dan ibunya kemudian membuat jadwal penyiraman tanaman obat mereka.

Simaklah informasi berikut.
kelas tema 3 subtema 3 pembelajaran 3
1. Tuliskan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan tersebut!
Lahan kosong dapat dapat dihijaukan dengan menanam tanaman seperti kencur, kunyit dan jahe. Tanaman tersebut dapat digunakan untuk bahan bumbu masakan dan bahan obat-obatan.

2.Apa yang akan kamu lakukan jika kamu memiliki lahan kosong? Jelaskan!
Jika saya memiliki lahan yang kosong akan saya tanami dengan tanaman obat-obatan.

3. Berdasarkan informasi tadi, hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan dan sekaligus tanaman obat-obatan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 114

Ayo Berdiskusi

Mari simak cerita petualangan berikut.

Merawat Tumbuhan dan Hewan

Siti mengingat pengalaman bersama teman-temannya ketika bertemu dengan Pak Jajak. Pak Jajak memiliki kebun dan peternakan. Siti pun mengajak ayah ibunya berkunjung kembali ke sana. Di kebun Pak Jajak, Siti menemukan beberapa tanaman obat, di antaranya lengkuas, lidah buaya, dan sirih.

Di sana juga ada hewan ternak, yaitu sapi, kerbau, kambing, ayam, dan bebek. Mereka diajak Pak Jajak berkeliling melihat tanaman dan hewan ternak. Siti juga melihat Pak Jajak menyirami tanamannya. Menurutnya, hal tersebut sangat penting karena membantu kesuburan tanaman. Pak Jajak juga mengajak Siti melihat sapi-sapi yang sedang dimandikan.

Siti gembira sekali dengan pengalamannya berkunjung ke kebun dan peternakan Pak Jajak. Ia ingin segera berbagi cerita tersebut bersama teman-temannya di sekolah.

Setelah mengetahui informasi tentang cara merawat tumbuhan dan hewan, Siti semakin sadar pentingnya kedua hal tersebut. Perilaku merawat dan melestarikan tumbuhan dan hewan merupakan sikap peduli lingkungan yang dapat kamu lakukan.

Menurutmu, cara apa lagi yang harus dilakukan untuk mencintai lingkungan, tumbuhan, dan hewan?

Diskusikan dengan seorang temanmu contoh-contoh lain sikap mencintai lingkungan.

Tulislah hasil diskusimu pada peta pikiran di bawah ini!
kelas tema 3 subtema 3 pembelajaran 3







Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Halaman 11, 113, 114 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


Tidak ada komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Halaman 111, 113, 114"