Widget HTML Atas

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 114, 115, 117, 119

Gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Matahari dan bulan Pembelajaran 4 Halaman 114, 115, 117, 119 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 114-115-117-119

Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 4


Ayo Membaca

Masih ingatkah kamu tentang keadaan perekonomian negara Singapura? Sebelumnya, kita telah belajar tentang hubungan kondisi geografis dan kondisi perekonomian di negara tersebut. Sekarang, kita akan mencari informasi tentang negara lainnya, yaitu Laos dan Filipina.

Keadaan Alam Laos

Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak dilembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.

Hasil Utama

Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesinmesin, dan beras.

Keadaan Alam Filipina

Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Hasil Utama

Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 114

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?

Persamaan :
  • Masyarakat Laos dan Filipina sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.
  • Komoditas utama pertanian nya adalah padi dan jagung
Perbedaan :
  • Laos merupakan negara Asia Tenggara yang tidak berbatasan langsung dengan laut
  • Kayu Jati merupakan hasil hutan utama negara Laos
  • Filipina merupakan negara kepulauan
  • Hasil tambang negara Filipina berupa emas, perak dan tembaga 

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 115

Hasil Analisisku

Kondisi Geografis Laos :

Wilayahnya terkurung daratan dan bergunung-gunung. Terletak di bagian Utara Semenanjung Indocina. Sering disebut "The Land Locked Country" yang artinya Tanah yang terkunci dan terkepung oleh lima negara. Batas-batas Laos secara geografis : Utara : Myanmar, China dan Vietnam, Selatan : Thailand dan Kamboja, Barat : Thailand Timur : Vietnam

Perekonomian Laos :

Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan. 

Kondisi Geografis Filipina :

Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Bata-batas wilayah Filipina : Utara : Laut Filipina, Timur : Samudra Pasifik, Selatan : Laut Sulawesi dan Laut Sulu, Barat : Laut China Selatan.

Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Di Filipina terdapat pusat penelitian padi internasional (IRRI). Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 117

Ayo Mencoba

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan di atas.

Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.

Kapan cerita itu terjadi :
Saat pensiun dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

Di mana cerita itu terjadi?
Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Deskripsi tentang tokoh yang diceritakan :
Seorang pensiunan pegawai, pekerja keras, ulet, pantang menyerah, tekun, cinta dengan pekerjaannya, penuh kasih sayang dalam merawat tanamannya

Masalah/tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita :
Kondisi cuaca yang tidak menentu, penyakit yang menyerang tanaman

Penyelesaian masalah :
Perawatan secara rutin, seperti dua kali sehari disemprot untuk menghindari penyakit

Gagasan utama cerita :
Kesuksesan petani cabai

Bagian cerita yang paling aku sukai :
Keuntungan yang diperoleh

Karena :
Kerja keras tidak akan mengingkari hasil

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 119

Ayo Berdiskusi

Petani Imam Kusno adalah salah satu contoh petani yang berhasil. Petani
merupakan salah satu profesi yang ditekuni oleh sebagian besar masyarakat
Indonesia.

Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas lima siswa. Bersama dengan kelompokmu, identifikasikan macam-macam mata pencaharian yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu. Carilah sedikitnya lima jenis mata pencaharian yang berbeda.

Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kunci Jawaban Halaman 119 Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Mtahari, Bulan


Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 122, 124

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 114, 115, 117, 119 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com