Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 122, 124

Gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Matahari dan bulan Pembelajaran 5 Halaman 122, 124 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.


Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 5


Ayo Membaca

Pernahkah kamu mendengar tentang  Tahun Baru Hijriah? Apa bedanya dengan tahun baru yang terjadi setiap tanggal 1 Januari? Ayo, kita cari informasi mengenai kedua peristiwa tersebut.

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bula mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkankala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

1. Tahun Masehi

Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365 ¼ hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.


Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari. Berdasarkan kala revolusi bumi, 1 tahun = 365 ¼ hari. Sisa ¼ hari dari setiap tahun dikumpulkan sehingga setelah 4 tahun akan terkumpul menjadi 1 hari. Jadi, setiap 4 tahun sekali, jumlah hari dalam 1 tahun = 366 hari dan disebut tahun kabisat.

Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Berdasarkan perhitungan yang lebih teliti, kala revolusi bumi adalah selama 365 hari 5 jam, 48 menit.

2. Tahun Hijriah

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 ½ hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 ½ hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.


Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Berdasarkan hal tersebut, hari-hari besar Islam setiap tahun bergeser lebih awal 11 hari pada tahun Hijriah biasa, dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 122

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan di atas. Bersama dengan temanmu identifikasikan 5 informasi penting dari bacaan dan tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan.


Lima Informasi Penting dari Bacaan :
  1. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
  2. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan
  3. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi).
  4. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
  5. Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan.
Dengan menggunakan informasi penting yang kamu temukan, buatlah ringkasan bacaan dengan menggunakan kalimatmu sendiri.

Kesimpulanku :

Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi disebut juga tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Raja dari kerajaan Romawi). Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan. Dalam kalender Masehi terdapat tahun Kabisat. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat). Terdapat juga tahun Kabisat dalam penanggalan Hijriah. Tahun Hijriah disebut juga tahun Komariyah atau tahun bulan.

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang.

Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender.

Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah.

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

1. Kertas gambar A3
2. Pensil warna/spidol warna
3. Kalender Masehi dan Kalender Hijriah sebagai acuan

Perhatikan contoh di bawah ini!

A. Kalender Masehi


B. Kalender Hijriah


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 124

Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut.

Untuk membuat presentasimu menarik, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan.

Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.

Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan.



Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 126, 127

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 122, 124 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com

Tidak ada komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 122, 124"