Widget HTML Atas

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 96, 98, 99

Gawekami.comMateri dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Matahari dan bulan Pembelajaran 1 Halaman 96, 98, 99 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96

Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1


Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.

Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Gerhana Matahari Total Kelas 6 Tema 8

Gerhana Matahari Cincin Kelas 6 Tema 8

Gerhana Matahari Sebagian Kelas 6 Tema 8



Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 96

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi

yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari.

Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.

1. Kapan gerhana matahari terjadi?

Gerhana Matahari terjadi pada siang hari. Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.

2. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?

Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap.

3. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaaanya?

Gerhana Matahari total :
Hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana Matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.

Gerhana Matahari sebagian :
Gerhana Matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra (bayangan kabur) Bulan.

Gerhana Matahari cincin :
Gerhana Matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal ini terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 99

Ayo Berlatih

Buatlah sebuah buklet yang berisi informasi dan gambar tentang gerhana matahari.

Sebelum membuat buklet, kumpulkan informasi-informasi yang akan kamu cantumkan dalam bukletmu nanti.

1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
  • Gerhana Matahari total 
  • Gerhana Matahari sebagian
  • Gerhana Matahari cincin
3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
  • Jangan melihat langsung saat proses terjadinya gerhana matahari
  • Jangan terlalu lama melihat gerhana matahari
  • Hentikan dulu aktifitas saat gerhana matahari sedang berlangsung
4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.

Jawaban Kelompok

Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 102, 104, 107

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 96, 98, 99 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com