Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Halaman 104, 105, 106, 108, 109

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan, Halaman 104, 105, 106, 108, 109

Tema 8 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 2


kunci jawaban tema 8

Kunci Jawaban Tematik Halaman 104, 105

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?
Kita biasa mencuci baju menggunakan sabun atau detergen. Sabun dan detergen dapat mengikat kotoran dan minyak pada baju sehingga baju menjadi bersih. Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.

2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman?
Jika kita minum air tercemar kuman, kita akan sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya kita minum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan dalam wadah tertutup.

3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?
Limbah cari dari industri mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah ini dibuang ke dalam sungai, kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.

4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?
Kesimpulan berdasarkan analisis siswa. Guru dapat mengarahkan bahwa kualitas air memengaruhi kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Ayo Membaca

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
  1. Menghemat penggunaan air.
  2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
  3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

(Sumber: www.kidnesia.com)

Kunci Jawaban Tematik Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.

kunci jawaban tema 8

Ayo Mengamati

kunci jawaban tema 8

Gambar tersebut merupakan cuplikan dari buku cerita bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang kekeringan. Ketam dan katak yang biasa hidup di situ menjadi sangat tersiksa. Mereka meminta pertolongan kepada Kakek Bangau. Merasa iba, maka Kakek Bangau terbang berkeliling mencarikan tempat berair bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga, lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 108

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?
Ya, gambar tersebut mendukung cerita

2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?
Karena didalam gambar terlukis ada bangau, kepiting, dan ketam. Latar dari cerita juga digambarkan dengan baik yaitu kondisi sawah yang sedang kekeringan.

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar atau komik. Perhatikan gambar berikut.

kunci jawaban tema 8

Kunci Jawaban Tematik Halaman 109

Ayo Menulis!

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita?
Ciri-ciri gambar cerita:
  1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.






Terimakasih sudah membaca artikelini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Halaman 104, 105, 106, 108, 109 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam

Tidak ada komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Halaman 104, 105, 106, 108, 109"