Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 71, 73, 75

Gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 75 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Sekolah Dasar Subtema 2 Pembelajaran 3


Materi dan kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 halaman 71, 73, 75

Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 

Halaman 71, 73, 75

Ayo Membaca

Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia? Atau berbeda?

Ayo, kita baca informasi tentang keadaan sosial budaya di Singapura.

Singapura

Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 71

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Materi buku tematik dan jawaban kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 3

Kondisi Geografis : Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki penduduk yang padat. Luasnya hampir sama dengan kota jakarta (664Km2 ). Keadaan alam negara singapura pada umumnya relatif datar. Akan tetapi, di beberapa tempat di jumpai perbukitan.

Kondisi sosial budaya : Masyarakat singapura sangat disiplin dalam menjaga kebersihan, baik lingkungan tempat tinggal ataupun lingkungan sekitar.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya : sebagai warga yang tinggal di negara yang kecil rakyat singapura sadar bahwa lingkungannya harus dijaga. Pemerintah singaupra pun menerapkan peraturan yang sangat ketat untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan negara. Peraturan yang ketat, kedisiplinan, dan kepedulian penduduk terhadap lingkungannya itulah yang menjadikan negara singapura sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini!

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 73, 74

Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran.

jawaban tema 8 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 73 manfaat konservasi alam

Ayo Mengamati

Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab?

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.

Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!

jawaban pohon keluarga kelas 6 tema 8 subtema 2 halaman 73

Tanggung jawab Ayah dalam keluarga :
  • Menjadi pemimpin yang bijak lagi tegas dalam membina anggota keluarga dalam menaati aturan yang berlaku
  • Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya
  • Menjadi pelindung keluarga
  • Menjadi teladan yang baik bagi anggota keluarga
  • Menjadi guru yang cakap bagi anggota keluarga
  • Menjadi teman diskusi bagi anggota keluarga
  • Menjadi penghibur keluarga
  • Menjadi delegasi untuk kerabat dan lingkungan

Tanggung jawab Ibu dalam keluarga :
  • Menjadi pembina keluarga yang mampu membuat harmonis anggota keluarga
  • Mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar norma agama dan masyarakat
  • Mengelola hasil nafkah untuk keluarganya
  • Menjadi teladan bagi anggota keluarga
  • Menjadi teman diskusi anggota keluarga
  • Menjadi penghibur keluarga

Tanggung jawab anak (kakak dan adik) dalam keluarga :
  • Menaati segala anjuran dan perintah yang diberikan kedua orang tua
  • Membantu ayah dan ibu sesuai kemampuan
  • Menyenangkan hati orang tua
  • Menjaga suasana kondusif dan nyaman dalam lingkungan keluarga
  • Mengutamakan belajar daripada bermain

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tangung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

jawaban kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 73 74 sampah jakarta

Produksi sampah warga jakarta tiap hari adalah 6.270 ton! ini setara dengan berat badan 25 ekor paus biru besar! Sampah Jakarta juga mampu menimbun tanah seluas sebanyak 4 lapangan sepak bola. 
Dari sampah yang banyak tersebut, komposisi jenis sampahnya adalah 54% sampah organik, 15% sampah kertas, 14% sampah plastik dan 17% sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya. Dari semua sampah tersebut, hanya 79% yang dapat terangkut, sedang sisanya tidak terangkut atau sudah didaur ulang. 

Masalah sampah ini merupakan masalah yang besar bagi warga Jakarta, karena sampah dapat merugikan kesehatan dengan timbulnya penyakit dari sampah, masalah bagi lingkungan karena bisa menyebabkan pencemaran, serta dapat membahayakan lingkungan, karena sampah bisa menimbulkan bahaya ledakan yang disebabkan kandungan gas dalam sampah yang dapat meledak, seperti kejadian ledakan sampah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa. 

Dari segi estetika, sampah juga menimbulkan masalah tersendiri. Masalah pelik sampah ini karena masyarakat masih tidak tahu bagaimana mengelola sampah. Sebanyak 55% masyarakat tidak tahu cara mengelola sampah. Sebanyak 74% sampah hanya dibuang/ditumpuk, 2% sampah dibakar, dan hanya 19% masyarakat yang mengerti cara penanganan sampah. 

Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap  cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, dan baru sebanyak 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. Namun ada harapan agar masalah sampah ini bisa teratasi, karena 7,6 dari skala 10 masyarakat untuk turut bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah. 

Yang bisa kita lakukan sebagai bentuk tanggung jawab tersebut adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. Jika sampah masih ada/ masih berproduksi di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah. 

Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual/disumbangkan. Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia bebas sampah 2020.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 75

Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.

Tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah
  • Menghabiskan makanan
  • Menghindari barang dengan umur pakai pendek
  • Memilih produk dengan kemasan besar
  • Mendaur ulang sampah



Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 77, 78, 79, 80, 81


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 71, 73, 75 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com

No comments for "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 71, 73, 75"