Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 53, 54, 55, 58, 59

Gawekami.comMateri dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55, 58, 59. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 1


Kunci Jawaban kelas 6 tema 7 Halaman 53-59

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kamu mengidolakannya?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 53

Tulislah pemimpin idolamu dan  nilai-nilai kepemimpinan yang  mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang  telah dilakukannya.

Ir. Soekarno

Beliau merupakan presiden pertama Indonesia. Beliau selalu menanamkan rasa persatuan dan pentingnya mengenang perjuangan kemerdekaan dengan semboyan “jasmerah” yaitu jangan sekali sekali melupakan sejarah. Dengan melihat sejarah bangsa Indonesia yang berjuang dalam mendapatkan kemerdekaan dan seharusnya para penerus bangsa harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan

Gus Dur

Beliau merupakan mantan presiden Indonesia yang berjasa dalam menyatukan berbagai agama di Indonesia sehingga sikap saling menghormati antar umat agama semakin kuat dengan memasukkan agama konghucu sebagai agama resmi di Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 54

Diskusikan tulisanmu dengan tulisan teman satu  kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil tulisan rnereka?

Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola teman satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.

Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 54

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 55

Sampaikan hasil kerja kelompokmu kepada teman satu kelas. Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaannya?

Pemimpin idola dapat berasal dari berbagai kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola teman sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari contoh yang diberikan.

Jawaban kelas 6 tema 7 halaman 55

Nama Pemimpin Idola :

Sutomo
Posisi : Guru
Bidang : Pendidikan
Prestasi : Membuat program bank sampah sekolah

Salhak
Posisi : Ketua PKK
Bidang : Sosial
Prestasi : Program taman obat keluarga

Ma'ruf
Posisi : Pengurus Remaja Masjid
Bidang : Ekonomi
Prestasi : Program Remaja Mandiri/Kewirausahaan

Muhlis
Posisi : Ketua RW
Bidang : Budaya
Prestasi  : Program "Kulinakno Sholawatan"/seni musik islami
Pemimpin idola memiliki nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya, kita banyak belajar dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita.

Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, lembaga tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan contoh yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.

Jawaban halaman 55 kelas 6 tema 7

Pemimpin idola : Kepala Puskesmas
Kelembagaan : Puskesmas

Tugas :
  • Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dan supervisi
  • Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan
  • Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas

Manfaat lembaga :
  • Pusat pembangunan kesehatan masyarakat
  • Membina peran serta masyarakat dalam meningkatkan kemampuan hidup sehat
  • Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.


Pemimpin Idola : Kepala Desa
Kelembagaan : Pemerintahan Desa

Tugas :
  • Memimpin penyelenggaraan pemerintah di tingkat desa
  • Membina kehidupan masyarakat desa

Manfaat lembaga :
  • Tempat pelayanan dan pembinaan masyarakat desa
  • Sebagai pelaksana kegiatan pemerintahan di tingkat desa


Pemimpin idola : Kader Posyandu
Kelembagaan : Posyandu

Tugas :

Kegiatan utama : 
  1. Pelayanan kesehatan ibu dan anak
  2. Keluarga berencana
  3. Imunisasi
  4. Gizi
  5. Pencegahan dan penanggulangan diare

Kegiatan pengembang
  1. Bina keluarga Balita
  2. Tanaman obat keluarga
  3. Bina keluarga lansia

Manfaat lembaga :
  • Memperoleh kemudahan untuk memperoleh informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan balita
  • Pertumbuhan anak balita terpantau kesehatannya
  • Memperoleh penyuluhan kesehatan terkait tentang kesehatan ibu dan anak

Ayo Membaca

Kita mengidolakan seorang pemimpin karena kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, belajar dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!

Pamanku, Lurah Idola

Ini cerita tentang pamanku, Badi namanya. Ia seorang lurah di desanya.Warga biasa memanggilnya dengan sebutan Pak Lurah. Tetapi, aku tahu mereka mengenal dekat, hormat, serta sayang kepada beliau.

Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan fasilitas yang diperolehnya tidak  digunakan untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.

Pamanku lurah idola

“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting bersih dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih dingin kan?” ujarnya ketika aku mengomentari rumahnya.

Ternyata, dari cerita bibi aku tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai belajar sederhana untuk tempat warga belajar membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.

Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka pintu informasi.

Bergantian dengan bibi, di sore hari, paman mengajar membaca di balai  belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar  dengannya. Kadang warga seperti lupa, bahwa sang guru adalah lurah,  pejabat pemerintahan desa. Paman sedikit demi sedikit juga menyediakan berbagai buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, seperti buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.

Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu sekelompok investor datang menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman dapat saja langsung menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya dampak positif dan negatif jika ada toko swalayan di desa mereka.

Sebagian besar warga tidak setuju karena khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak rencana pembangunan toko swalayan tersebut.

Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah seperti Pak Badi, pamanku. Seorang pemimpin yang memilih untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang memilih untuk berjuang maju bersama warganya.

Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pemimpin pada teks bacaan di atas. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”.

  1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.
  2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air  Indonesia.
  4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 58

Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan manfaatnya bagimu dan lingkungan sekitarmu.

Penerapan nilai-nilai persatuan
  • Berteman tanpa membeda-bedakan
  • Menghormati teman yang berbeda suku, agama dan ras
  • Berkorban membantu teman yang mengalami kesusahan

Manfaat untuk diri sendiri
  • Banyak teman
  • Mendapat balasan respek/hormat dari teman-teman
  • Kepuasan hati, teman bertambah banyak

Manfaat untuk lingkungan
  • Timbul kebersamaan, kekeluargaan
  • Timbul kebersamaan, kekeluargaan, solidaritas makin tinggi
  • Timbul semangat kekeluargaan, kebersamaan makin terjalin

Ayo Membaca

Lurah idola, seperti tokoh dalam cerita sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan beragam latar belakang agama, sosial, suku bangsa, dan budaya dapat bersatu karena seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.

Sebagai pelajar, kamu pun dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 59


Baca Juga : Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 63, 71

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55, 58, 59 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com

No comments for "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 53, 54, 55, 58, 59"