Widget HTML Atas

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri. 

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 4 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 6


Kelas 6 tema 4 subtema 3 pembelajaran

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 131

Ayo Berdiskusi

Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.

Diagram Halaman 131 Kelas 6 tema 4

Kamu tentunya telah membuat poster ajakan untuk mencintai produkproduk Indonesia pada pertemuan sebelumnya. Sekarang kampanyekan poster tersebut ke semua teman di sekolah.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 132

Ayo Menulis

Cermati  kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. 

Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.  

Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:

Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.  

Diagram Halaman 132 Kelas 6 Tema 4


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 133-136

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!

Berpikir global, bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak sampai mengikuti kebiasaan-kebiasaan asing yang negatif.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.

Panel listrik tenaga surya

Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Kunci jawaban halaman 134 tema kelas 6 tema 4

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari. Bahan dari panel-panel tersebut merupakan bahan yang termasuk semikonduktor yaitu silikon. Berdasarkan muatannya, silikon dibagi menjadi 2 yaitu tipe-p dengan muatan positif dan tipe-n dengan muatan negatif. Umumnya setiap panel tersusun dari 2 lapisan silikon tersebut.

Dalam prosesnya, awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Ketika panel-panel surya terkena panas dari cahaya matahari, lapisan tipe-p akan terhubung dengan lapisan tipe-n. Pada dasarnya, bahan semikonduktor dapat menghantarkan listrik ketika terkena panas. Karena hubungan tersebut, membuat muatan negatif pada lapisan tipe-n mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p sehingga membentuk medan listrik. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Listrik yang tersimpan dalam baterai akan dinaikkan dahulu oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.

Setuju, karena salah satu cita-cita bangsa adalah memajukan kesejahteraan umum. Dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri yang juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan mereka. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

kunci-jawaban-halaman-135-kelas-6-tema-4

Luas :
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2

Volume :
V = r3
V = 63
V = 216 cm3

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.

kunci-jawaban-halaman-135-kelas-6-tema-4

Luas :
L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)
L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)
L = 320 + 80 + 48
L = 448 cm2

Volume :
V = 8 3 + 43
V = 512 + 64
V = 576 cm3

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.

L = 4 x 6 x (10 x 10)
L = 24 x 100
L = 2.400 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm2.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari gawekami.com.