Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 7

gawekami.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4 ,5, 7.

Tema 4 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1


Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 1

Ayo Mengamati

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan  gurumu kenakan. Bisa  juga  makanan dan  minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1


Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 3

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN.

Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama di  bidang  sosial budaya dengan negara-negara ASEAN?

1. Keikutsertaan Indonesia dalam ajang olahraga Sea Games. Pada tahun 2011 indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam ajang pesta olahraga semenanjung Asia Tenggara.
2. Memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk negara-negara asean yang dilanda bencana alam ataupun konflik. Contohnya saja Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban topan haiyan di negara Filipina.
3. Program pertukaran pelajar, program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan bahasa asing dan memperdalam ilmu yang dipelajari. Indonesia turut mengirimkan para anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan atau meneruskan pendidikannya ke luar negeri seperti Malaysia, singapura, Thailand, dan negara-negara asean lainnya. Selain itu Indonesia juga menerima para siswa atau mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Indonesia.
4. ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM), Indonesia mengirimkan perwakilannya dalam ajang 2nd ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting 2016. Kegiatan ini merupakan memperkenalkan kepada seluruh mahasiswa dalam ruang lingkup ASEAN proses pengambilan keputusan dan bagaimana ASEAN bekerja. Peserta diajak untuk bersimulasi menjadi salah satu wakil negara anggota ASEAN untuk membahas isu yang fundamental yakni kebijakan mengenai pekerja pendatang (migrant worker).
5. Asean Film Festival, Indonesia turut menjadi peserta dalam kegiatan ini. Dimana tujuan dalam kegiatan ini adalah sebagai sara promosi kebudayaan dan menjual lokasi syuting film di negara-negara asean .

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada  tanggal  22 Juli 2011 malam  di  Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara  makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan  berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah  penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata  Daeng Udjo sang komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negerASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Sumber: www.kompasiana.com

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 4

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa  globalisasi ini?

Kerja sama regional merupakan suatu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah yang memiliki tujuan sama. Kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Contohnya adalah ASEAN.
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan oleh dua negara kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Kerja sama bilateral untuk menyelesaikan masalah dan perdamaian. Contohnya adalah usaha yang dilakukan untuk penghentian penyelundupan di daerah perbatasan Indonesia Timur dan Malaysia.

2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?

1. Salah Satu Negara Pendiri ASEAN
2. Memberikan Gagasan Dalam Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN
3. Memberikan Gagasan Dalam Menghormati dan Melindungi HAM
4. Khazanah Budaya Indonesia Adalah Bagian Dari Kebudayaan ASEAN
5. Mendukung Terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN
6. Merupakan anggota dari ASEAN 

3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?

Mampu menghadirkan kebahagiaan bagi semua undangan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 5

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara 
di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi


Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Ayo Membaca

Menghasilkan Energi Listrik


Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri,  bahwa  globalisasi  terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang,  yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen  oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator.  Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator.  Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 7

Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

Paragraf 1: Topik Masalah

Peran penting listrik di era globalisasi.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

Pada PLTA, air waduk/sungai masuk ke tangki pengaman tekanan melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman. Kemudian air pada pesat mengalirkan air tersebut ke turbin melewati katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Energi potensial air akan menggerakkan turbin sekaligus generator untuk menghasilkan listrik. Listrik tersebut kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformator menuju ke saluran transmisi untuk disalurkan ke konsumen.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Turbin dan generator menjadi komponen utama pada pembangkit listrik. Generator dapat menghasilkan listrik jika turbin bergerak akibat mendapat tekanan dari air, angin, panas bumi, atau lainnya.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4 ,5, 7 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam gawekami.com


Tidak ada komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 7"