Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 30, 31, 32, 34, 36

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Ekosistem, Subtema 1 Komponen Ekosistem, Halaman 30, 31, 32, 34, 36

Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 4


Hari ini kita akan belajar:
  • Mengenal kondisi geografis Indonesia melalui peta.
  • Menggambar peta geografis Indonesia.
  • Membuat ringkasan informasi penting.
  • Menjelaskan usaha pemimpin dalam mempertahankan kemerdekaanNKRI.
tema 5 kelas 5

Ayo, simak percakapan siswa kelas V berikut ini berdasarkan gambar di atas.
Udin: ”Lihatlah peta Indonesia itu! Aku bangga dengan Indonesia. Bagiku, tidak ada negara seunik negara kita!”
Lani: ”Aku tidak menyangka negara kita memiliki pulau sebegitu banyaknya!“
Siti: ”Pasti hal itu akan memengaruhi cara hidup penduduknya, bukan?”
Udin: ”Ya, tetapi apa makna kalimat tersebut? Indonesia sebagai Negara Maritim?
Siti: ”Bagaimana kalau kita mencari tahu?”

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini.

Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut Negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

tema 5 kelas 5

Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi dapat menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.

Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 30, 31

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Paragraf
Pikiran Utama
Informasi Penting
1
Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan.
2
Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris.Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
3
Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat
menguntungkan.
Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim hujan. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan
Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting di atas, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskanlah ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 32

Ayo Mencoba

Dengan menggunakan peta, kamu dapat mengetahui kondisi geografis sebuah Negara termasuk kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kamu nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kamu juga dapat mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan menggunakan peta. Bekerjalah bersama dengan teman sebangkumu untuk melakukan kegiatan ini.

Siapkanlah alat dan bahan seperti peta pulau tempat kamu tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta seperti yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk menunjukkan pada petamu tentang ketinggian daerah masing-masing.

Perhatikanlah nama berbagai kenampakan alam yang ada, seperti nama gunung, selat, atau laut yang berada di wilayah tersebut. Dengan menggunakan warna yang berbeda, seperti pada peta asli, kamu dapat membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

tema 5 kelas 5

Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada dekat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan informasi tentang kemungkinan kegiatan penduduk di daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.
Daerah pantai dalam peta diberi warna hijau muda. Di wilayah pesisir/pantai ini umumnya dijumpai kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan kelautan. Sebagai contoh:
  1. Penangkapan ikan di laut;
  2. Pembudidayaan ikan air payau;
  3. Usaha tambak udang;
  4. Pusat-pusat pelelangan ikan; dan sebagainya.
Dataran rendah (dalam peta berwarna hijau tua) memiliki kontur landai atau relatif datar). Berbagai kegiatan manusia yang banyak dikembangkan di daerah dataran rendah, antara lain:
  1. Kegiatan pertanian/perkebunan tanaman dataran rendah;
  2. Kawasan industri (menengah dan besar);
  3. Pusat-pusat perdagangan;
  4. Pusat-pusat pemerintahan dan kebudayaan;
  5. Pusat-pusat permukiman.
Wilayah dataran tinggi/pegunungan (dalam peta berwarna kuning–cokelat) memiliki udara lebih sejuk.Kegiatan yang mungkin dijumpai di wilayah ini, antara lain:
  1. Budi daya pertanian/perkebunan tanaman dataran tinggi;
  2. Kegiatan wisata gunung atau agrowisata; dan
  3. Kegiatan kehutanan (hutan produksi).
Kesimpulan : 
Aktivitas penduduk di suatu daerah sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis terutama kondisi fisiknya. Indonesia memiliki bentang alam atau bentuk permukaan bumi yang ada di daratan berbeda-beda. Ada yang disebut dataran tinggi, dataran rendah dan pantai.

Ayo Membaca

Masih ingatkah kamu dengan Peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tahun 1928? Kamu tentu ingat juga dengan sumpah yang telah diikrarkan para pemuda mewakili masyarakat Indonesia. Bagaimana menurutmu peran para pemuda saat itu? Apa akibat dari sumpah tersebut bagi bangsa dan Negara Indonesia? Salah satu pesan penting dari peristiwa tersebut adalah pentingnya persatuan dan kesatuan untuk membentuk negara yang merdeka dan berdaulat. Walaupun kini negara kita telah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, tetapi usaha untuk mempertahankan kesatuan bangsa merupakan usaha yang harus terus-menerus dilakukan. Mengapa demikian?

Simaklah dengan saksama bacaan berikut ini.

Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)


tema 5 kels 5

Pemikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) bernama dr. Wahidin Sudirohusodo. Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA bernama Sutomo yang pada akhirnya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa bernama Budi Utomo.

Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo adalah berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan pemuda Indonesia, ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapatkan tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa asing maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa. Untuk melawan kekuatan asing, muncullah perlawanan masyarakat di segala penjuru Indonesia yang melahirkan tokoh-tokoh yang gagah berani. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, merupakan dua dari sekian banyak tokoh nasional yang terkenal berani melawan kekuatan asing yang mengancam kesatuan negara Indonesia. Kedua tokoh tersebut berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agusutus 1945.

Pada masa kini, usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka di Papua merupakan gerakan masyarakat yang ingin memisahkan diri dari NKRI pada masa Orde Baru. Setelah masa Orde Baru selesai, digantikan oleh masa Reformasi, para pemimpin nasional pada masa itu berusaha keras melakukan perundingan-perundingan untuk meredam aksi perpecahan tersebut. K.H Abdurrahman Wahid, Presiden ke-empat Indonesia merupakan salah satu tokoh nasional yang membantu upaya perdamaian untuk mengatasi perpecahan tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 34

Dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas dan dari sumber lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?
Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional.
2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?
Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan dengan mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa bernama Budi Utomo.
3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!
Jaman dulu persatuan dan kesatuan terancaam oleh sifat kedaerahan dan politik adu domba penjajah Belanda. Pada saat ini usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka.
4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?
Pada jaman dulu dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan. Pada masa sekarang para pemimpin nasional berusaha keras melakukan perundingan-perundingan untuk meredam aksi perpecahan.

Ayo Berlatih

Membuat Kliping

Terdapat banyak cara untuk mempersatukan bangsa Indonesia sebagai Negara kepulauan yang besar ini. Sikap bangsa Indonesia yang terbuka, merupakan salah satu sikap yang sangat penting dalam persatuan bangsa. Di dalam kehidupan sehari-hari, dari dulu hingga kini, terekam banyak peristiwa yang menunjukkan usaha-usaha menjaga persatuan bangsa.

Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah kliping yang menunjukkan usaha-usaha menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Gunakan surat kabar dan majalah untuk membantumu menyelesaikan kegiatan ini. Bagilah kelompokmu menjadi dua. Satu kelompok bertugas mencari dan mengumpulkan ulasan atau berita peristiwa sejarah pada masa setelah kemerdekaan. Terutama tentang usaha untuk mempersatukan bangsa Indonesia, baik terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. Kelompok kedua bertugas mencari dan mengumpulkan ulasan atau berita peristiwa terkini yang menunjukkan usaha untuk mempersatukan bangsa terhadap ancaman dari luar dan dari dalam. Pada setiap kelompok, kumpulkan paling sedikit tiga peristiwa dan informasi tentang peristiwa tersebut. Lakukanlah diskusi di dalam kelompokmu untuk menjelaskan penemuanmu. Pada akhir kegiatan, buatlah kesimpulan untuk mencatat peristiwa dan usaha-usaha apa saja yang telah dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Kemaslah klipingmu dengan rapi dan menarik.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 36

Ayo Berlatih

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus Negara maritim?
Karena bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut Negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau.
2. Informasi apa sajakah yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis?
  1. Luas suatu wilayah dilengkapi dengan nama wilayahnya
  2. Batas adiministrasi suatu wilayah
  3. Kenampakan alam atau kondisi alam suatu wilayah
  4. Persebaran sumber daya alam yang ada di suatu wilayah
  5. Persebaran kegiatan ekonomi atau budaya
3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
  1. Kita tidak dapat dengan mudah dihasut oleh pihak-pihak tertentu, terutama mereka yang ingin menumbuhan rasa benci atas perbedaan yang kita miliki.
  2. Kita semakin menghargai dan menghormati sesama kita di manapun kita berada.
  3. Kita mampu maju dan berdiri teguh sebagai suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global, baik dari segi ekonomi, budaya, teknologi, keamanan, sosial dll.
  4. Kita mampu menangkal aksi terorisme karena aksi kriminal semacam ini hanya dapat berhasil jika kita tidak tumbuh dalam persatuan dan kesatuan dengan seluruh rakyat Indonesia.
4. Berikan contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
  • Narkoba
  • Ancaman Bidang Politik
  • Pemberontakan
  • Persoalan Daerah
  • Isu Sara
  • Makar atau Penggulingan Pemerintah
  • Kesenjangan Ekonomi Masyarakat
  • Masalah KKN
5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?
Menyadarkan masyarakat Indonesia bahwa persatuan dan kesatuan penting bagi suatu negara agar tidak terjadi hal hal yang dapat menghancurkan negara Indonesia




Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 30, 31, 32, 34, 36 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


No comments for "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 30, 31, 32, 34, 36"