Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem, Halaman 103, 104, 105

Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1


tema 5 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Perhatikanlah gambar-gambar di atas. Bagaimana penjelasanmu mengenai hubungan simbiosis antara dua jenis makhluk hidup tersebut? Apa perbedaan antara simbiosis komensalisme, parasistisme, dan mutualisme? Kesimpulan apakah yang dapat kamu ambil dari hubungan khas antara dua jenis makhluk hidup tersebut?

Ya, semua makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain untuk mempertahankan hidup. Makanan dan sumber energi lain menjadi salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antar makhluk hidup. Bentuk ketergantungan antar makhluk hidup diperlihatkan dalam sebuah rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Bagaimana peran rantai makanan dan jaring-jaring makanan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya dan di dalam ekosistem?

Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini.

Ayo Membaca

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun mampu membuat makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.

tema 5 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai makanan. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.

tema 5 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Di dalam sebuah ekosistem, terdapat hubungan antara beberapa rantai makanan yang terjadi. Satu jenis hewan dapat terlibat dalam beberapa rantai makanan, demikian juga dengan produsen. Kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah hewan yang terlibat makin banyak dan energi yang mengalir juga makin kompleks. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai makanan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu dengan yang lain.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 103

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan-kegiatan berikut ini.

Mencari Arti Kosa kata Baru
1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.

No.
Kosa Kata Baru
Arti
1EkosistemKeadaan khusus tempat komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi
2EnergiDaya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga;
3ProdusenPenghasil bahan makanan
4KonsumenPemakai barang hasil produksi 
5HerbivorHewan pemakan tumbuh-tumbuhan
6PredatorBinatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; hewan pemangsa hewan lain
7KompleksMengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan
8KomponenBagian dari keseluruhan; unsur:
9MangsaBinatang yang menjadi makanan binatang buas
10KarnivorHewan pemakan daging (seperti anjing, kucing)
11OmnivorHewan pemakan hewan lain dan tumbuhan

Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk membuat cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah informasi penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.

Buatlah peta pikiranmu semenarik mungkin, lalu presentasikan di depan kelas dengan percaya diri.

tema 5 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Halaman 104

Ayo Mencoba

Kamu tentu telah mengetahui dan memahami beberapa jenis ekosistem yang ada di dunia. Kamu juga telah mengetahui bahwa ada hubungan khas yang terjadi di dalam sebuah ekosistem. Rantai makanan pada setiap ekosistem dapat juga merupakan hubungan khas di dalam ekosistem. Hubungan dimakan dan memakan di dalam ekosistem dipengaruhi oleh komponen ekosistem yang ada pada ekosistem tersebut.

Kamu akan bekerja sama dengan beberapa orang temanmu di dalam kelompok. Sediakanlah beberapa alat dan bahan seperti koran atau majalah bekas, atau sumber informasi lain, gunting, lem, kertas karton ukuran A3, dan alat tulis. Berbagilah tugas dengan teman sekelompokmu berdasarkan langkah kegiatan berikut ini.

  1. Setiap kelompok akan mendapatkan jenis ekosistem yang berbeda.
  2. Pelajarilah ekosistem tersebut dengan mencari informasi tentang komponen biotik dan abiotik yang menjadi bagian ekosistem tersebut.
  3. Carilah informasi tentang hewan dan tumbuhan yang ada pada ekosistem tersebut.
  4. Tentukanlah sebuah jaring-jaring makanan yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut.
  5. Carilah gambar hewan atau tumbuhan dari sumber informasi yang ada yang sesuai dengan jaring-jaring makanan yang telah kamu tentukan. Potong dan kumpulkan.
  6. Di atas kertas karton A3, susunlah jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem tersebut.
  7. Berikanlah keterangan yang menarik tentang ekosistem dan jaringjaring makanan yang terjadi pada ekosistem tersebut. Kamu juga dapat mencantumkan fakta menarik tentang makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makananmu, demikian juga dengan fakta menarik tentang ekosistem pilihanmu.
  8. Susunlah jaring-jaring makanan dan keterangannya dengan menarik.
  9. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas dengan percaya diri.

1. Ekosistem Darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa ekosistem, yaitu sebagai berikut.

a. Ekosistem Gurun
Ekosistem gurun gurun merupakan ekosistem darat yang didominasi oleh flora dan fauna tertentu dan ditandai dengan lingkungan yang beriklim kering dengan curah hujan yang sangat sedikit sekali. Di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.

Jaring Jaring Makanan Di Ekosistem Gurun

tema 5 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 1

Fakta Menarik

  1. Curah hujan tahunan di gurun rata-rata kurang dari 10 inci.
  2. Karena kelangkaan air dan vegetasi, bentuk kehidupan hewan sangat terbatas di gurun. 
  3. Kondisi kehidupan yang keras dan suhu ekstrim telah mengevolusi makhluk tertentu untuk benar-benar beradaptasi dengan kehidupan gurun. 

Kunci Jawaban Tematik Halaman 105

Ayo Menulis

Bagaimana hasil kerja kelompokmu? Memuaskan, bukan? Kali ini kamu akan melakukan kegiatan secara individu dengan membuat tulisan tentang ekosistem pilihan kelompokmu. Dengan keterangan dan informasi yang kamu kumpulkan tentang ekosistem pilihan kelompokmu, buatlah sebuah tulisan yang menjelaskan secara lebih detail hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan dalam ekosistem tersebut. Jelaskanlah kemungkinan-kemungkinan yang akan memengaruhi keadaan rantai makanan yang ada.

Tuliskan pemahamanmu tentang hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan tersebut dalam sebuah tulisan sepanjang tiga paragraf.

Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?
Jaring makanan adalah sebuah hubungan alami yang dimana berasal dari rantai makanan dan juga dimakan ke dalam sebuah bentuk komunitas ekologis.

2. Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?
Jaring – jaring makanan di dalam ekosistem memiliki fungsi dan kegunaan yaitu guna menggambarkan interaksi langsung antar spesies, sehingga hubungan antar spesies dapat dibedakan mana yang termasuk dalam spesies basal , spesies peralihan, serta spesies predator puncak. Selain itu jaring – jaring makanan juga memiliki fungsi sebagai penyederhana dalam memahami hubungan antar spesies dan berfungsi guna mempelajari kontrol bawah ke atas maupun kontrol atas ke bawah dalam suatu struktur komunitas.

3. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?
Rantai makanan adalah satu rantai organisme linier tunggal yang melaluinya energi mengalir ke satu arah. Di sisi lain, jaringan makanan adalah kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan. Oleh karena itu, perbedaan utama antara rantai makanan dan jaring makanan adalah arah aliran energi.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


No comments for "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105"