Widget HTML Atas

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Halaman 87, 88, 89, 90, 91

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat itu Penting, Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, Halaman 87, 88, 89, 90, 91

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 6


tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6

Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman temannya sering berlatih menari.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 87

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?

tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6


tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6

Jawab:
Gerak 1: Pola Lantai Horizontal
Gerak 2: Pola lantai Diagonal dan Horizontal

Kunci Jawaban Tematik Halaman 88

Ayo Berlatih

Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak.

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak tari dengan pola lantai. Kamu boleh menggunakan properti. Buatlah gerak dengan hitungan 2 x 8 saja. Uraikan gerak dan gambarlah pola lantai pada kolom berikut.

Jawab:
tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6

Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut. Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 89

Ingatkah kamu arti tanggung jawab?
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Pernahkah kamu diberi tugas?
Ya, Pernah.

Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu?
Ya, saya bertanggung jawab atas tugas yang di berikan kepada saya.

Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu?
Mengerjakan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh.

Ayo Menulis

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Nama kegiatan: Jadwal Piket Kelas

Tugas untukmu: Menyapu ruang kelas, menyapu halaman kelas, membuang sampah, mengepel lantai.

Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas: Mengerjakan dan melakukan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh.

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.

tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6

Kunci Jawaban Tematik Halaman 90

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak-gerak tari menggunakan selendang menirukan gerak-gerak kupu-kupu. Buatlah pola lantai untuk gerak-gerak yang kamu buat.

Jawab:
Gerakan Tari Kupu-kupu secara umum melibatkan semua gerak tubuh si penari. Meski begitu, jika diperhatikan, gerak yang paling mendominasi adalah tangan dan kaki. Secara keseluruhan, gerak-gerak pada Tari Kupu-kupu ini mencotohkan prilaku kupu-kupu di alam.

Adapun macam-macam gerak pada Tari Kupu-kupu, sebagai berikut:
Gerakan kupu-kupu yang terbang di tempatnya.
Gerakan kupu-kupu yang terbang memutar.
Gerakan meloncat.
Gerakan buka tutup sayap kupu-kupu.
Gerakan kibasan.
Gerakan ayunan.
Gerakan menoleh kanan dan kiri.
Dan lain lain.

tema 4 kelas 5 subtema 2 pembelajran 6

Kunci Jawaban Tematik Halaman 91

Ayo Menulis

Termasuk bentuk pantun apa yang diucapkan Siti dan Edo di atas? Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tau?

Jawab:
Pantun Jenaka

Kemudian, buatlah pantun seperti di atas. Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawab:
"Tukang bangunan memegang paku
Pakunya terbang terkena angin
Hati siapa tak galau
Melihat gajah makan es lilin"





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Halaman 87, 88, 89, 90 91 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam