Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Halaman 54, 55

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Sehat itu Penting, Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, Halaman 54, 55.

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 1


tema 4 kelas 5

Apa makna dari pantun di atas? Makna pantun pertama tentang mahalnya kesehatan tubuh manusia. Demikian juga pada pantun kedua, yang bermakna himbauan untuk berolahraga. Nah, dapatkah kamu membuat pantun yang makna atau isinya tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 54

Ayo Berkreasi

Buatlah pantun yang berisi tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan. Tuliskan pantunmu pada kolom berikut.

“Akhir pekan pergi ke pasar
Hansip lewat bawa penjahat
Jika ingin darah lancar
Wajib makan makanan sehat”

“Sinar matahari cerah memancar
Berpencar ke arah bagian gunung
Jika sirkulasi darah lancar
Terhindar dari gangguan jantung”

Darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah hendaknya dijaga kesehatannya. Tahukah kamu penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia?

Hari ini Siti dan teman-temannya membaca majalah, surat kabar, dan beberapa artikel di internet tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Mereka ingin mengetahui berbagai penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia dan jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia.

tema 4 kelas 5 subtema 2

Kunci Jawaban Tematik Halaman 55

Ayo Menulis

1. Coba cari tahu berbagai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa membaca tentang berbagai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet. Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut!

No
Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia
1.
Penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2.
Penyempitan pembuluh darah
3.
Terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4.
Telalu lama berdiri atau bekerja dengan menggunakan kaki terlalu lama.
5.
Telalu lama duduk.
6.
Kurang mengkonsumsi makanan bergizi.

2. Coba cari tahu berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa membaca tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet. Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut.

No
Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia
1.
Jantung koroner.
2.
Hipertensi
3.
Skelrosis.
4.
Varises.
5.
Ambeien.
6.
Stroke.
7.
Leukimia.

Tanda-tanda sirkulasi darah tidak lancar adalah ketika mengalami sesak napas, nyeri dada, dan sakit kepala. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga sering menjadi penyebab sakit jantung dan stroke. Melancarkan sirkulasi darah dapat dilakukan dengan cara mudah, tetapi efeknya sangat besar bagi tubuh. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk lebih sering berjalan kaki atau berolahraga. Berjalan kaki setiap hari kurang lebih selama tiga puluh menit setelah makan, dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Halaman 54, 55 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


7 komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Halaman 54, 55"

  1. Terima kasih untuk materi dan kunci jawaban Tematik kelas 5. Saya sangat terbantu di dalam mengajar berkat bantuan dengan adanya kunci jawaban. Mohon bantuannya. Apakah saya bisa meminta kunci jawaban untuk semua tema (tema 4 -9). Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih karena telah mengunjungi Blog kami, untuk tema selanjutnya masih dalam pengerjaan..

      Hapus
  2. Itu halaman kok gak bisa diliat selajutnya, gak nampak samping kanannya😕

    Tolong diperlebar dong

    Pliss
    Yg penyebab gangguan pada organ peredaran darah !!!

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak ya ,dengan ini saya menerima nilai terbesar

    BalasHapus

Posting Komentar