Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Halaman 96, 97, 98

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Halaman 96, 97, 98

Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajran 3


Cermati percakapan Lani dan Dayu, dibawah ini!
Lani: “Aku sudah memberitahu ayah dan ibuku tentangmembeli produk buah lokal.”
Dayu: “Lalu, bagaimana pendapat mereka, Lan?”
Lani: “Mereka berdua sangat setuju dengan membeli produk lokal, apapun itu. Buah-buahan juga lain-lainnya. Hal ini baik untuk mendukung pemberdayaan petani serta produk dalam negeri. Dengan membeli produk hasil negeri sendiri, kita ikut membantu meningkatkan kesejahteraan para petani serta pengusaha kecil dalam negeri.”

Ayo Membaca

Perkumpulan Petani Pemakai Air


Saat kita berbicara tentang buah-buahan lokal, kita berbicara tentang keberadaan petani lokal di dalam sebuah daerah. Membeli buah-buahan atau sayuran lokal berarti membantu memberdayakan petani. Ternyata, saat ini banyak petani yang tergabung dalam sebuah organisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air atau yang dikenal dengan P3A. Setiap desa yang memiliki areal irigasi dianjurkan membentuk organisasi P3A. Pembentukan organisasi P3A atau organisasi petani irigasi tersebut dilakukan oleh petani itu sendiri, berdasarkan kebutuhannya serta sesuai dengan norma dan nilai yang berkembang secara spesifik di daerah masing-masing.

Organisasi petani irigasi (P3A) tidak tergantung pada pihak luar, berkembang secara perlahan dan bertahap, dan berusaha untuk membiayai diri sendiri sesuai dengan kemampuan para anggotanya. Organisasi ini boleh menerima bantuan, tetapi tidak boleh menggantungkan diri dari bantuan.

Organisasi petani pemakai air harus memelihara pengetahuan dan teknologi lokal, yaitu pengetahuan yang sejak zaman dahulu telah diterima oleh masyarakat secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Anggota organisasi ini juga senantiasa terbuka terhadap pengetahuan dari luar untuk menambah wawasan mereka sesuai dengan pengalaman orang lain kalau memang sesuai dan bermanfaat. Selain itu, organisasi ini juga ikut menjaga lingkungan fisik, sosial, budaya, politik, dan ekonomi.

Para petani tanpa memandang perbedaan, dapat masuk menjadi anggota organisasi petani pemakai air ini. Organisasi petani pemakai air (P3A) bertujuan untuk menampung masalah dan aspirasi petani yang berhubungan dengan air untuk tanaman dan bercocok tanam. Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, baik yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar. Organisasi ini memberikan pelayanan kebutuhan petani terutama dalam memenuhi kebutuhan air irigasi untuk usaha pertaniannya. Dalam tahapan perkembangannya organisasi ini diharapkan dapat menjadi suatu unit usaha mandiri yang mampu menyediakan sarana produksi pertanian (saprotan) dan sebagainya maupun dalam upaya pemasaran. Selain itu, organisasi ini juga berperan dalam pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi.

Organisasi P3A merupakan sebuah contoh pembangunan social budaya. Disebut sosial karena tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakatnya. Disebut budaya karena di dalamnya terdapat ide ataugagasan yang bisa jadi merupakan warisan dari generasi sebelumnya. Inilah yang mendasari pembangunan sosial budaya yang memang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di dalamnya.

Kunci Jawaban tematik Halaman 96

Lakukan identifikasi terhadap bentuk-bentuk keragaman yang kamu temukan pada bacaan di atas. Berikanlah penjelasan untuk setiap keragaman yang kamu temukan. Sebuah contoh telah diberikan untukmu.

Jawab:
1. Organisasi P3A dibentuk oleh petani itu sendiri, berdasarkan kebutuhannya serta sesuai dengan norma dan nilai yang berkembang secara spesifik di daerah masing-masing. Ini berarti setiap organisasi P3A berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lain.

2. Para petani tanpa memandang perbedaan, dapat masuk menjadi anggota organisasi petani pemakai air ini. Ini berarti semua orang tanpa memandang perbedaan dalam hal apapun dapat menjadi anggota organisasi.

3. Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, baik yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar. Ini berarti orang dari luar dapat memberikan sumbangsih berupa pikiran, saran, dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi anggota organisasi.

Dengan adanya P3A diharapkan masyarakat petani dapat memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi, motivasi, dan keadaan dirinya sendiri. Melalui organisasi P3A ini diharapkan masyarakat memiliki keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan irigasi secara  baik, berkelanjutan, dan mandiri. Ini adalah hal-hal yang diperoleh masyarakat petani dari organisasi P3A sebagai sebuah contoh pembangunan sosial budaya.

Menurut pendapatmu, hal-hal apakah yang dapat diperoleh masyarakat setempat dari sebuah pembangunan sosial budaya lainnya?

Jawab:
1. Petani dapat memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi, motivasi, dan keadaan dirinya sendiri.

2. Masyarakat memiliki keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan irigasi secara baik, berkelanjutan, dan mandiri.

Cari tahu satu contoh organisasi yang merupakan perwujudan dari pembangunan sosial budaya di daerahmu. Jelaskan secara singkat sejarah berdirinya organisasi tersebut serta manfaat yang diberikan bagi para anggotanya. Kamu dapat mencari tahu dengan menggunakan media internet, koran lokal, atau bertanya pada guru atau teman.

Jawab:
Salah satu organisasi yang merupakan perwujudan dari pembangunan sosial adalah Karang Taruna. Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan.

Karang Taruna Sinar Mega RW 04 Desa Lumbir lahir pada tanggal 26 September 1990. Kelahiran organiai ini merupakan perwujudan semangat kepedulian generasi muda untuk turut mencegah dan menanggulangi masalah kesejahteraan sosial masyarakat, terutama yang dihadapi anak dan remaja di lingkungannya.

Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan – kegiatan pengisian waktu luang yang positif seperti rekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan, pengajian dan lain – lain bagi anak – anak yatim, putus sekolah, tidak sekolah, yang berkeliaran, main kartu dan lain – lain yang pada umumnya berasal dari keluarga miskin.

Karang Taruna memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh para anggotanya. Manfaat Karang Taruna bagi anggotanya antara lain sebagai berikut :

1. Mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
2. Menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
3. Meningkatkan Usaha Ekonomi Produktif;
4. Menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
5. Menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kearifan lokal; dan f. memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karang Taruna Sinar Mega memang mempunyai anggota yang sangat berpotensi diberbagai bidang, tidak hanya dibidang olahraga saja tetapi bidang seni musik sangat mempunyai potensi besar. Musik menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Karang taruna Sinar Mga menjadi kebanggaan bagi warga Lumbir khususnya.

Kunci Jawaban Halaman 97

Ayo Berkreasi

Keberagaman adalah hal yang indah.

Buatlah cetakan tanganmu di selembar kertas dan gunting dengan rapi. Tuliskan keterampilan yang paling kamu kuasai (contohnya memasak atau menulis) serta asal daerah kedua orang tuamu.  Dekorasilah dengan menarik.

Tempelkan di selembar kertas karton besar bersama cetakan tangan milik teman-teman sekelasmu. Lihatlah hasilnya bersama-sama.

• Berapa orang teman yang memiliki keterampilan yang sama denganmu?
• Berapa orang teman yang memiliki keterampilan yang berbeda denganmu?
• Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang sama?
• Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang berbeda?
• Berapa orang temanmu yang berasal dari daerah yang sama denganmu?
• Berapa orang temanmu yang berasal dari daerah yang berbeda denganmu?
• Apa manfaat dari memiliki teman yang berasal dari daerah yang sama?
• Apa manfaat dari memiliki teman yang berasal dari daerah yang berbeda?
• Berikan kesimpulanmu.

Jawab:
Jawaban di sesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan

Organisasi P3A terdiri atas para petani yang menggunakan irigasi sebagai modal kerjanya. Para petani tersebut dapat berupa petani pemilik sawah, petani penggarap sawah, pemilik kolam ikan yang memperoleh air dari jaringan irigasi serta petani pemakai air irigasi lainnya. Keragaman yang terdapat dalam organisasi ini menjadi kekuatan tersendiri bagi organisasi tersebut terutama saat menghadapi masalah yang berkaitan dengan irigasi. Sebagaimana yang tertera dalam bacaan di atas bahwa, “Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, baik yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar.” Keberagaman yang dimiliki oleh organisasi ini justru memperkuat keberadaan organisasi tersebut, terutama dalam menghadapi masalah atau tantangan-tantangan baru.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 98

Ayo Mencoba

Mari kiita coba berlatih bekerja sama dalam kelompok!
Kamu dan tiga orang temanmu berada dalam satu tim kreatif yang akan membuat sebuah iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keanekaragaman sebagai modal pembangunan bangsa.

Apa sajakah yang akan kamu butuhkan dalam pembuatan iklan tersebut?

Isilah peta pikiran berikut ini dengan menentukan siapa saja yang bertanggung jawab menentukan dan mengerjakan setiap bagian yang dimaksud.

Mulailah untuk menentukan judul, karakter, serta rancangan naskah dalam  bentuk iklan layanan masyarakat.

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3


Hal yang Dibutuhkan dalam Iklan Layanan Masyarakat

Jumlah pemeran:
Empat Orang

Judul iklan: 
Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Naskah iklan: 
Adegan 1:
Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.

Siswa 1: "Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?"
Siswa 2: "Kalau aku sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang."
Siswa 3: "Yah...aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa..."
Siswa 4: "Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih.."
Siswa 2: "Jangan  bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?"
Siswa 1: "Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?"
Siswa 2 dan 3: "Setuju ! (bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berlalu dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Adegan 2: 
Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras rumahnya menunggu teman-teman yang akan berlatih menari.. Beberapa saat kemudian 3 orang temanya pun datang.

Siswa 2: "Akhirnya datang juga. Ayoo langsung masuk ke dalam!? (mereka berempat masuk ke dalam rumah)
Siswa 1: "Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa !"
Siswa 2: "Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian ikuti gerakanku dari belakang ya!"

Mereka pun asyik latihan tari bersama-sama dengan suasana riang dan gembira.

Adegan 3:
Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah.
Siswa 3: "Ternyata mempelajari tari Jawa tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya."
Siswa 4: Iya...aku juga. Ternyata gerakannya mudah."
Siswa 1: "Itulah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa."
Siswa 2: "Perbedaan asal suku yang ada diantara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing."
Siswa 1,2,3, dan 4: (bersamaan sampil mengepalkan tangan) "Berbeda itu Indah. Yesss !!!"

Mereka pun kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan bangga dan gembira.

Karakter tokoh: 
Siswa 1: Berasal dari Jakarta
Siswa 2: Brasal dari Jawa Tengah
Siswa 3: Berasal dari Bandung, Jawa Barat
Siswa 4: Bersasal dari Sumatera Selatan






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Halaman 96, 97, 98 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


Tidak ada komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Halaman 96, 97, 98"