Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 35, 36, 38, 39

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 35, 36, 38, 39

Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 5


Suatu pagi, Dayu mengeluh sakit perut saat ia sedang berbaris dan bersiap masuk ke kelas. Setelah dicari tahu, ternyata Dayu tidak sarapan. Malam sebelumnya, ia juga terlambat makan malam. Akhirnya, sakit magnya pun kambuh.

Banyak orang berpikir bahwa penyakit mag hanya bisa diderita oleh orang dewasa.Ternyata anak-anak pun bias terkena mag. Apa penyebabnya? Apakah gejala mag yang dialami anakanak sama dengan yang dialami orang dewasa?

Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya, memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie instan. Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga apa yang mereka makan. Fungsi alat pencernaan kita adalah untuk memproses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan  sehingga dapat digunakan oleh tubuh. Untuk mencerna makanan, diperlukan organ pencernaan. Bahan makanan yang kita makan tidak langsung diserap oleh sel-sel tubuh. Sebelum diserap, bahan makanan harus dicerna melalui proses pencernaan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 35

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?

Jawab:
Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi.

Untuk mengenal lebih baik lagi sistem pencernaan, coba kamu lengkapi diagram berikut ini.

Jawab:
kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tematik Halaman 36

Ayo Mencoba

Alat-alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Bersama dengan kelompokmu, lengkapilah informasi tentang organ-organ pencernaan di bawah ini!

Jawab:

Fungsi Mulut

kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Mulut memiliki fungsi untuk mengunyah makanan yang masih terlalu besar sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh. Mulut berfungsi untuk merubah makanan menjadi partikel yang kecil. Mulut memecahkan makanan dibantu oleh gigi dan juga cairan enzim berupa air liur

Fungsi Kerongkongan


kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Kerongkongan adalah saluran yang menjadi penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan memiliki dua bagian, yakni bagian faring dan esophagus.

Kerongkongan memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit dalam lambung.

Fungsi lambung

kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Fungsi lambung adalah sebagai berikut. Sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton).

• Dinding pada lambung menghasilkan asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme 
• Permukaan pada lambung mengeluarkan lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi dinding lambung dari pepsin.
• Pada bayi, lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu.

 Fungsi Usus Halus


kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Usus halus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar, proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus.

Pencernaan makanan terjadi duodenum dan jejunum, sedangkan ileum menjadi tempat penyerapan nutrisi makanan. Namun pada usus halus hanya terjadi pencernaan kimiawi saja.

Fungsi Usus Besar

kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Organ usus besar berfungsi untuk proses pembusukan sisa dari makanan yang tidak dapat untuk dicerna oleh lambung.
Proses pembusukan di dalam usus besar dibantu oleh bakteri yang bernama Escheichia coli. Sisa makanan tersebut yang berupa air dan garam mineral akan diserap kembali oleh usus.
Setelah itu, sisa makanan yang tidak bisa diserap lagi atau sudah habis nutrisinya akan dikeluarkan dalam bentuk feses atau tinja 


Tahukah kamu bahwa panjang saluran pencernaan pada orang dewasa bias mencapai 30 m. Dengan mengetahui dan mengerti tentang sistem pencernaan dan proses pencernaan makanan, maka kamu dapat lebih memahami cara menjaganya agar tetap sehat.

Amatilah iklan berikut!
kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 5

Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 38

Ayo Mengamati

Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:
• kata kunci
• gambar iklan
• target iklan (iklan ditujukan untuk siapa)

Menurutku, iklan tersebut di atas
Iklan di atas cukup menarik dan tepat sasaran

Iklan ini menurutku efektif/tidak efektif karena
Iklan tersebut di atas menurut saya sangat efektif untuk menghimbau masyarakat menerapkan pola hidup bersih

Untuk membuat iklan yang lebih baik, aku akan
Menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami seperti pada iklan di atas.

Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas?
Iklan di atas berfungsi sebagai himbauan agar menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup

Ayo Berkreasi

Masih ingatkah kamu tentang Mars Hidup Sehat dalam pertemuan sebelumnya? Nyanyikanlah lagu tersebut secara berkelompok. Bagilah kelompokmu menjadi dua kelompok kecil. Kelompok pertama menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat, sedangkan kelompok yang lainnya menjadi pengiring lagu. Apa sajakah yang dapat kita pergunakan sebagai alat pengiring musik sederhana?

Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 39

Amatilah sekelilingmu. Carilah tempat pensil, pensil, batu kerikil, dan botol plastik. Kreasikanlah alat musik ritmis sederhana dari benda-benda yang ada di sekelilingmu sebagai pengiring lagu Mars Hidup Sehat. Pastikan lagu dibawakan dengan ketukan atau ritme yang baik dan konstan. Perhatikan keharmonisasian antara lagu yang dibawakan dengan alat musik ritmis sederhana tersebut. Selamat berlatih!

Ayo Renungkan

Menurutmu apakah organ-organ pencernaan manusia bisa bekerja sendiri?
Organ-organ pencernaan manusia tidak bisa bekerja sendiri
Apakah organ yang satu membutuhkan organ yang lainnya?
Ya, sangat membutuhkan

Apa hubungan organ pencernaan dengan sistem pencernaan?
Jika tidak ada organ pencernaan maka tidak akan terjadi sistem penernaan karena sistem pencernaan membutuhkan proses yang dilakukan oleh organ pencernaan.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 35, 36, 38, 39 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam

4 komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 35, 36, 38, 39"

  1. Tangkyu ๐Ÿ˜Š Waw๐Ÿ˜จ simpel๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
  2. Trima ksh atas jwbannya,mantaaap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajhsdjdjdjdjdhhdhdhdhdhdhdhddhgeeggdhdgd๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ☺๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜Š☺๐Ÿ˜†☺

      Hapus
  3. Matur suwun๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus

Posting Komentar