Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 27, 29, 31, 32

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 27, 29, 31, 32

Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajran 4


Ayo Membaca

Cermati percakapan Siti dan Lani, bacalah percakapan mereka secara bergantian!

Siti:  “Ternyata tidak hanya buah-buahan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Sayuran pun memiliki manfaat yang luar biasa, lho!”

Lani:  “Aku lebih suka wortel dibandingkan dengan sayuran lainnya.”

Siti:  “Oh, ya? Mengapa kamu lebih suka wortel, Lan?”

Lani:  “Tentu saja aku lebih suka wortel karena wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel ini sangat baik untuk mataku.”

Siti:  “Oh, iya juga ya, Lan. Aku jadi ingin lebih tahu tentang wortel dan petani wortel.”

Kunci Jawaban Tematik Halaman 27

Ayo Berlatih

Buatlah sebuah peta pikiran dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

• Dari mana sayur kita dapatkan?
• Siapa yang menanam sayur?
• Apakah peranan petani bagi kehidupan kita?
• Bagaimana cara petani sayur memanfaatkan lingkungan hidup?

Tuliskan jawaban pada kolom berikut

Jawab:
1. Sayur kita dapatkan dari kebun-kebun yang menanam sayur
2. Yang menanam sayur adalah para petani sayur
3. Peranan petani bagi kehidupan kita sangat penting karena dengan adanya petani kita bisa mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari
4. Petani memanfaatkan lingkungan hidup dengan cara menanam Sesuatu yang bermanfaat bagi kita

Ayo Membaca

Mengenal Wortel

tema 3 kelas 5Sayuran termasuk daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, maupun dibuat menjadi jus. Dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi kesehatan kita.

Salah satu contoh sayuran yang bermanfaat adalah wortel. Wortel baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi.

Lalu, seperti apakah kegiatan petani wortel yang berada di balik tanaman yang berkhasiat ini? Gede Suardana adalah salah satu petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan, Bali yang membudidayakan wortel jenis lokal. Suardana memaparkan, selama masa tanam, para petani rutin memberikan pupuk pada awal masa tanam.  Menurutnya pemberian pupuk di awal masa tanam sangat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman. Pupuk yang mereka gunakan adalah pupuk organik.

Hasil pertanian wortel lokal juga tidak mengecewakan. Gede Suardana menjelaskan bahwa ia mampu memperoleh omzet sebesar 2 juta rupiah perbulan dengan harga jual perkilogram sebesar Rp7.000,00. Untuk pemasaran, Suardana menjelaskan bahwa ia membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti Tabanan.  Di sana, ia bertemu dengan pengepul sayur yang kemudian mendistribusikan wortel-wortelnya ke beberapa daerah di Pulau Bali.

Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor yang membeli sayur-mayur atau buah-buahan dari petani. Ada pula penjual sayur yang secara langsung membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.

tema 3 kelas 5

Kunci Jawaban Tematik Halaman 29

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, identifikasikan:
 • Interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya.
 • Interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
 • Keberagaman yang dapat kamu temukan di dalam cerita yang disajikan.

Buatlah dalam sebuah bentuk laporan sederhana.

Format laporan sederhana yang bisa kamu pergunakan adalah:
 • Judul laporan
 • Tujuan laporan
 • Hasil identifikasi (gunakan identifikasi bacaan yang diminta sebelumnya)
 • Kesimpulan dari bacaan tersebut.

Jawab:
Laporan Hasil Pengamatan Bacaan

Judul Laporan:
Laporan Pengamatan Bacaan "Mngenal Wortel"

Tujuan Laporan:
Mengetahui manfaat tanaman wortel

Hasil Pengamatan:
Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Salah satu contoh sayuran yang bermanfaat adalah wortel. Wortel baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi.

Gede Suardana petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan memaparkan bahwa memberikan pupuk organik pada awal masa tanam sangat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman.

Gede mampu memperoleh omzet sebesar 2 juta rupiah per bulan. ia membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti Tabanan dan bertemu dengan pengepul sayur.

Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor.

Kesimpulan:
Wortel merupakan sayuran yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Budidaya tanaman wortel yang baik akan menghasilkan wortel  yang bagus dan menambah penghasilan para petani.


Keberagaman yang tinggi dapat kita temukan di lingkungan pasar tempat para petani menjual hasil pangannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pasar merupakan tempat  bertemunya pedagang dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli. Para penjual dan pembeli yang bertemu di pasar bisa berasal dari berbagai suku, agama, dan tingkat sosial ekonomi. Oleh karenanya, diperlukan rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi agar kerukunan tetap terjaga.

Kepedulian masyarakat Indonesia tentang toleransi terhadap keberagaman sudah semakin tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya iklan masyarakat yang menekankan pada pentingnya toleransi antarsuku atau antaragama. Hal ini menunjukkan bahwa iklan bukan hanya mampu dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan barang atau jasa, tetapi juga sebagai alat untuk mempromosikan hal-hal positif atau kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 31

Ayo Mengamati

Berikut adalah beberapa contoh iklan masyarakat yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, keberagaman adat istiadat, suku bangsa, dan agama.

tema 3 kelas 5

Secara individu, lakukanlah pengamatan terhadap kedua iklan media cetak di atas. Isilah format berikut ini dan berikanlah penjelasan pada kolom yang disediakan.

Pada kolom gambar jelaskan:

1. Apakah gambar sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh iklan?
2. Apakah gambar cukup menarik?
3. Apakah gambar cukup jelas?

Jawab:

Kalimat
Iklan
Kata Kunci
Gambar
Iklan A
Sebatang lidi jadi kuat bila menjadi sapu. Sebuah bangsa menjadi kuat bila tetap bersatu. Mari bersatu untuk maju.
Mari bersatu untuk maju
Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan, dan diilustrasikan dengan sebuah sapu.
Gambar kurang menarik.
Gambar sudah cukup jelas.
Iklan B
Kedamaian ada ketika kita mau menerima perbedaan. Rayakan perbedaan dengan kebersamaan. 
Menerima perbedaan.
Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan. Disitu digambarkan tentang perbedaan yang ada tetapi saling bergandeng tangan menerima perbedaan.
Gambar cukup menarik dan jelas.

Gambar iklan yang kamu amati, menyampaikan pesan tentang bersatu dalam keberagaman.

Apakah dalam lingkungan sekolahmu terdapat keberagaman adat istiadat?

Lakukanlah diskusi kelompok tentang perbedaan adat istiadat di beberapa tempat yang kamu ketahui. Amatilah contoh berikut.

• Upacara Rambu Solo di Tana Toraja yang merupakan upacara adat untuk penghormatan terakhir sekaligus mengantar orang tercinta yang telah meninggal dunia menuju ke alam baka.

Berikanlah sebanyak mungkin contoh adat istiadat daerah lain yang berbeda dengan adat istiadat setempat.

Jawab:
1. SEKATEN
Upacara ini biasa diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad. Setiap tahunnya, Sekaten diselenggarakan di Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta dan dihadiri oleh ribuan warga Yogyakarta maupun wisatawan. Tidak heran, tradisi yang satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga mengundang banyak wisatawan untuk menyaksikan secara langsung.

2. MANGONGKAL HOLI – SUMATERA UTARA
Hingga saat ini, masyarakat Batak masih melestarikan adat Mangongkal Holi. Tradisi ini merupakan sebuah upacara untuk menggali kuburan yang telah lama kemudian mengambil tulang belulang mayat dan memindahkannya ke kuburan baru.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Batak, orang yang sudah meninggal tidaklah benar-benar tiada. Mereka menuju ke suatu proses yang lebih sempurna, yaitu alam yang lebih abadi. Para arwah juga dapat dengan berkumpul dengan anggota keluarga lain yang telah meninggal. Adat yang telah dilaksanakan secara turun temurun ini juga terkadang diikuti dengan pembuatan Tugu Marga.

3. NGANGGUNG – BANGKA BELITUNG
Adat istiadat yang berasal dari provinsi Bangka Belitung ini diselenggarakan untuk memperingati hari besar Islam seperti Isra Mi’raj, Maulid Nabi, atau menyambut tamu penting. Dalam adat Nganggung, warga masyarakat harus membawa dulang yang berisi makanan ke masjid. Sebelum menyantap, isi dulang akan didoakan terlebih dahulu oleh tokoh agama sekitar.

4. MACCERA TASI
Tradisi Maccera Tasi juga masih dipertahankan oleh masyarakat Kalimantan hingga saat ini. Upacara ini melibatkan prosesi penyembelihan hewan kurban seperti kambing, kerbau, atau ayam. Proses penyembelihan dilakukan di laut dan darahnya dibuang ke laut sebagai simbol pemberian darah untuk kehidupan laut. Tujuan diselenggarakannya tradisi ini adalah agar mendapatkan hasil laut yang melimpah.

5. UPACARA NGABEN
Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah yang merupakan warisan leluhur dan telah dilakukan sejak ratusan tahun silam di Bali. Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa dengan membayar jenazah, roh leluhur menjadi suci dan mereka bisa beristirahat dengan tenang. Upacara ngaben membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini karena ngaben melibatkan orang dalam jumlah besar dan panggung pembakaran.

Ayo Membaca

Bacalah bacaan tentang adat istiadat Tana Toraja, yakni Rambu Solo di bawah ini.

Pesona Tana Toraja

Sebagai salah satu tempat yang terindah di Indonesia, Tana Toraja di Sulawesi Selatan, yang menyimpan begitu banyak pesona alam dan adat istiadat yang unik dan sangat menarik untuk dinikmati. Berkat kekayaan budayanya yang luar biasa, Tana Toraja bahkan dimasukkan ke dalam daftar sementara warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2004. Adalah sebuah upacara kematian yang dinamakan Rambu Solo, yang merupakan upacara mengantarkan sanak keluarga yang telah meninggal dunia ke alam baka. Upacara ini biasanya dilangsungkan secara meriah selama berhari-hari serta melibatkan seluruh penduduk desa.

tema 3 kelas 5

Kunci Jawaban Tematik Halaman 32

Ayo Berlatih

Seperti apakah adat istiadat yang kamu miliki? Cari tahu lebih banyak tentang adat istiadat yang dimiliki oleh keluargamu.

Deskripsi adat istiadat keluargaku:

Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Bandingkanlah dengan adat istiadat teman-temanmu yang lain. Tuliskanlah informasi yang kamu peroleh pada kolom berikut.

Deskripsi adat istiadat temanku:

Jawab: 
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 27, 29, 31, 32 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


4 komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 27, 29, 31, 32"

  1. Terimakasi om google πŸ™πŸ™πŸ™πŸ‘πŸ‘πŸ’–πŸ’πŸ’žπŸ’žπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜Š
    😊😊😊😊😊😊
    ☁☁😊😊☁☁
    ☁☁😊😊☁☁
    ☁☁😊😊☁☁
    ☁☁😊😊☁☁
    ☁☁☁☁☁☁
    πŸ™πŸ™☁☁πŸ™πŸ™
    πŸ™πŸ™☁☁πŸ™πŸ™
    πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
    πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
    πŸ™πŸ™☁☁πŸ™πŸ™
    πŸ™πŸ™☁☁πŸ™πŸ™
    ☁☁☁☁☁☁
    😁😁☁☁😁😁
    😁😁☁☁😁😁
    ☁😁😁😁😁☁
    ☁☁😁😁☁☁
    ☁😁😁😁😁☁
    😁😁☁☁😁😁
    😁😁☁☁😁😁
    ✨✨🌸🌸🌸✨✨
    ✨✨✨🌸✨✨✨
    ✨✨✨🌸✨✨✨
    ✨✨🌸🌸🌸✨✨
    🌸🌸✨✨🌸🌸✨
    🌸✨🌸🌸✨✨🌸
    🌸✨🌸🌸✨✨🌸
    🌸🌸✨✨🌸🌸✨

    BalasHapus

Posting Komentar