Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 38, 40


gawekami.com - Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih, Halaman 38, 40

Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajran 4


kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 38

kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 38


kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 38


Kunci Jawaban Tematik Halaman 38

Ayo Menulis

Dari bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem” kamu mengetahui salah satu lagi jenis usaha, yaitu usaha pariwisata.

• Di mana kamu tinggal?

Jawaban siswa berbeda-beda sesuai dengan tempat tinggal masing-masing.

• Apakah di daerah tempat tinggalmu ada jenis usaha pariwisata?

Jawaban siswa berdeba-beda disesuaikan dengan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis usaha pariwisata dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

• Bagaimana pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat?

Dengan adanya usaha pariwisata kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik karena para penduduk mendapat uang yg lebih dari adanya usaha patiwisata tersebut,misalnya warga yg ada disekitar periran terutama di pantai dan tempat wisata air,warga dapat menyewakan kapal yg dapat membantu para pengunjung untuk mengelilingi tempat wisata tersebut.

Jenis Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna.  Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi.

Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.

Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut.
1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.
2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.
3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).
4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).

Salah satu jenis usaha yang banyak kita lihat adalah berjualan. Mulai dari penjual buah, makanan, barang-barang keperluan sehari-hari hingga para penjual kendaraan bermotor. Dari jenis usaha itu, para pedagang dapat memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.

kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 40


Kunci Jawaban Tematik Halaman 40

Ayo Bercerita

1. Pada Pembelajaran 3 kamu telah melakukan kegiatan wawancara untuk mengetahui tentang jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kamu juga telah membuat salah satu produk dari jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kini presentasikan hasil wawancara kalian. Presentasikan juga produk yang telah kalian buat beserta catatan-catatan saat melakukan kegiatan tersebut. Mintalah pendapat dari kelompok lain. Lakukan bergantian.

Jawaban di lihat pada Pembelajran 3

2. Menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu tanggung jawab warga masyarakat. Pada Pembelajaran 3 kamu melakukan kegiatan mengamati pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu. Laporkan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-teman dan gurumu. Mintalah tanggapan dari temantemanmu.

Jawaban di lihat pada Pembelajran 3

Ayo Renungkan

1. Menurutmu, mengapa ada berbagai jenis usaha?

Dengan adanya jenis usaha yang berbeda maka daya saing dalam usaha akan menurun, sehingga penghasilan yang diperoleh akan lebih meningkat.

2. Mengapa orang melakukan suatu usaha tertentu dan orang lain melakukan jenis usaha lain yang berbeda?

Kerena setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam membuka suatu bidang usaha oleh sebab itu banyak orang memiliki bidang usaha yg berbeda" selain itu kemungkinan yang menjadi perbedaan adalah peluang yg dilihat dari pengusaha tersebut



Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 38, 40 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk guru yang mengajar dan para pembaca. salam

Tidak ada komentar untuk "Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 38, 40"