Widget HTML Atas

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 16, 17, 18, 19, 20

gawekami.com - Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih, Halaman 16, 17, 18, 19, 20

Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 2


Ayo Membaca

Sistem Pernapasan pada Manusia

Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan. Energi itu menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh.

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveolus).

1. Hidung
Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembapkan oleh selaput hidung.

2. Faring
Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

3. Laring
Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.

4. Trakea (batang tenggorokan)
Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk.

5. Bronkus
Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.

6. Bronkiolus
Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.

7. Alveolus
Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk seperti buah anggur.




Udara masuk ke dalam tubuh melalui lubang hidung, lalu masuk ke dalam batang tenggorokan. Batang tenggorokan adalah sebuah pipa mulai dari belakang hidung dan mulut, lalu turun ke paru-paru. Dari batang tenggorokan udara masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus. Sebaliknya, gas karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita mengembuskan napas.

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

1. Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa,      dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyakbanyaknya.
2. Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya.
3. Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 16, 17, 18






Kunci Jawabn tematik Halaman 19

4.  Buatlah bagan kerja organ pernapasan manusia. Tuliskan pada selembar kertas karton. Bagan ini akan kalian presentasikan pada Pembelajaran 5.



Lambat cepatnya kita menarik napas tergantung aktivitas yang sedang kita lakukan. Sebaliknya, kita juga dapat mengatur pernapasan sesuai aktivitas yang sedang kita lakukan. Sebagai contoh saat menyanyikan lagu kita harus mengatur pernapasan supaya nyanyian kita lebih enak didengar.

Dalam seni musik ada lagu bertangga nada diatonis mayor. Apa yang dimaksud tangga nada diatonis mayor? Ayo bacalah bacaan berikut.



Kunci Jawabn Tematik Halaman 20


Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.

1.  Apa pengertian tangga nada mayor?
Salah satu tangga nada diatonis yang memiliki interval  (jarak nada) 1  1  1/2  1  1  1  1/2

2.  Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Bersifat riang gembira, Bersemangat, Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 atau 3 dan diakhiri nada 1.






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 16, 17, 18, 19, 20 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk guru yang mengajar dan para pembaca. salam